Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Proyek Strategis Pengolahan Sampah di Kawal KPK

Rabu, 09 Oktober 2024 | Oktober 09, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-09T08:40:57Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?

Jakarta, jurnalisme.info -

Proyek Strategis Pengolahan Sampah Di Kawal KPK Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Direktorat Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Wilayah II melakukan peninjauan lapangan. Di tempat pembangunan pengolahan sampah Refuse-Derived Fuel (RDF) Plant, Rorotan, Jakarta Utara, Kamis (3/10). Pembangunan tersebut merupakan proyek strategis yang di gagas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Sebagai upaya penyelesaian permasalahan sampah, dengan total pagu anggaran Rp1,3 triliun.


Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Bidang Pencegahan Korsup Wilayah II Dwi Aprillia Linda Astuti menyampaikan. Bahwa pembangunan RDF Plant di Rorotan termasuk proyek pengadaan barang (PBJ) strategis yang menjadi prioritas pendampingan. Hal tersebut bagian dari salah satu indikator pencegahan korupsi area PBJ yang tercantum pada Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK.


Linda merinci sejumlah permasalahan yang perlu menjadi catatan dalam pembangunan RDF Plant tersebut. “Dengan memperhatikan arti pentingnya proyek ini dan pagu anggaran pembangunan yang besar. Ada risiko korupsi di dalamnya, sehingga perlu upaya pencegahan. Lalu, mengingat pembangunan RDF Plant di tempat lainnya juga ada yang mengalami kegagalan karena hasilnya belum memenuhi persyaratan off-taker. Salah satunya karena Kadar air masih di atas 20% dan hasil RDF masih melebihi ukuran standar 5 cm, sehingga perlu ada mitigasi risiko termasuk upaya pencegahan korupsi,” kata Linda.


Dapat berjalan sesuai regulasi dan ketentuan hukum yang berlaku. Untuk itu, KPK melakukan upaya pendampingan pencegahan korupsi. Dengan melakukan koordinasi bersama pemerintah daerah, Inspektorat Provinsi DKI, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Dan Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi DKI. Dalam hal ini KPK menyampaikan apresiasi atas upaya pencegahan korupsi yang sudah di laksanakan Pemprov DKI. Termasuk implementasi dari rekomendasi yang telah di berikan.


“Hingga Desember 2024 nanti, Korsup KPK akan terus memantau implementasi dari rekomendasi yang di berikan pada proyek ini. Terhadap rekomendasi yang belum di laksanakan, itu yang akan menjadi atensi kepada kepala daerah. Sebagai pemimpin dalam implementasi tata kelola pemerintahan yang baik. Dan yang memiliki tugas pemberantasan korupsi di lingkungan pemerintah daerah instansi masing-masing,” terang Linda.


Dengan upaya ini, KPK di harapkan dapat memastikan pembangunan RDF Plant dapat berjalan sesuai regulasi dan ketentuan hukum yang berlaku. Dengan begitu, potensi-potensi penyimpangan serta korupsi dapat di cegah secara optimal.


Mendukung penguraian jumlah sampah masyarakat Jakarta.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta Asep Kuswanto yang turut hadir menyampaikan apresiasinya kepada Tim Korsup KPK. Ia berharap pelaksanaan pembangunan proyek ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan regulasi dan tanpa terjadi penyimpangan.


“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Korsup KPK. Kami berharap pendampingan KPK dapat mengawal program kami lainnya. Sehingga akuntabilitas dan transparansi dapat terjaga serta dapat kami pertanggungjawabkan dengan baik,” kata Asep.


Sebagai informasi, proyek RDF di Rorotan ini akan mendukung penguraian jumlah sampah masyarakat Jakarta. Yang mencapai total 7.500 ton per hari. Dengan kapasitas pengolahan sampah yang di targetkan mencapai 2.500 ton/hari. RDF Rorotan di harapkan mampu mengolah sekitar 30% total sampah Jakarta. Hasil RDF rencananya akan di jual ke off-taker, dengan harga sekitar USD 24-44/ton. Adanya penjualan ini juga di harapkan dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi DKI Jakarta.


Sejak peletakan batu pertama pada 13 Mei 2024, pembangunan RDF Plant di Rorotan terus berlanjut. Dengan capaian progress 40% pada 3 Oktober 2024. Serta di targetkan selesai pada Desember 2024. Di harapkan, RDF Plant dapat beroperasi awal 2025. Pelaksanaan pembangunan ini yang akan terus di kawal pencegahan korupsinya oleh KPK.


Berdasarkan hasil analisis dan peninjauan  lapangan, KPK memberikan rekomendasi seputar perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan proses serah terima anggaran pada PBJ. KPK mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk memastikan harga wajar pada harga satuan. Dan melakukan evaluasi terkait harga satuan kebutuhan proyek, guna mencegah terjadinya mark up dan potensi kerugian keuangan daerah.


“Jangan sampai standar harga yang di tetapkan terlalu tinggi di bandingkan dengan harga wajar dan nilai yang berlaku di pasaran. Ini yang harus di perhatikan dalam rangka mencegah kerugian keuangan daerah. Pastikan jangan ada penyelewengan dan penggelembungan, karena ini salah satu modus korupsi PBJ,” kata Linda.


Akan terus berkomitmen untuk mengupayakan pencegahan korupsi. KPK juga turut mengapresiasi probity audit yang di lakukan Inspektorat Provinsi DKI Jakarta. Yang telah melibatkan tenaga ahli teknis untuk meminimalisasi masalah operasional di lapangan. Dalam proyek strategis daerah mendatang, KPK berharap Pemprov DKI juga melakukan probity audit tidak hanya pada pelaksanaan. Tetapi juga pada tahap perencanaan hingga serah terima.


Inspektur Pembantu IV Inspektorat Provinsi DKJ Ending Wahyudin yang turut hadir dalam peninjauan. Menyampaikan bahwa pemerintah DKI Jakarta akan terus berkomitmen untuk mengupayakan pencegahan korupsi dalam pembangunan RDF Plant tersebut. Menurutnya, Inspektorat Provinsi DKI Jakarta telah aktif melakukan pengawasan, pendampingan, hingga joint audit bersama BPKP Perwakilan Provinsi DKI Jakarta.


Turut hadir dalam peninjauan ini, Analis selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) DLH Provinsi DKI Jakarta Muhammad Andika Firmansyah. Perwakilan BPKP Provinsi DKI Jakarta Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD). Penyedia jasa konstruksi rancang dan bangun KSO PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.  Juga PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk dan provider teknologi PT Asiana.


(Dadang)

×
Berita Terbaru Update