Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Duguga Kuat Dana Desa Air Bersih 2023 Terindikasi Sarat Dengan Korupsi Diminta Inrpektorat Cek Kebenaran SPJ

Senin, 14 Oktober 2024 | Oktober 14, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-14T06:16:08Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?

Kerinci Jambi, jurnalisme.info -

Terkait penggunaan dana Desa Air Bersih   Kecamatan Air Hangat Barat Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi tahun2023 diduga  kuat terindikasi sarat dengan korupsi yang merugikan Negara dan Masyarakat.


Di himpun dari hasil investigasi sementara ,kami dari Media ini di lapangan, tercatat 23 dua puluh tiga poin didalam laporan kegunaan dana Desa  yang kami kutif dari aplikasi OMSPAN Kementeri Keuangan sunguh sangat jauh berbeda dengan fakta di lapangan.


Diduga kuat banyak  tidak masuk akal dalam pelisan nilai angggran di banding sama pekrjaan , salah satu nya ,pembangunan Rehapitasi Gedung Pemuda dan oleh raga yang di anggar kan tahap satu tahap kedua yang mencapai angka yang cukup besar.lebih kurang tiga ratus juta Rupiah.(300.000.000.)dengan anggaran ratusan juta rupiah dengan dana yang pantastit ini kok tidak seimbang dengan pekerjaan nya.


Dan selanjut  yang kedua yang sangat tidak masuk akal lagi dana penyusunan APBDS satu dan APBDS perubahan serta dokomen lain nya yang di anggar kan tahap satu dengan nilai sembilan belas juta rupiah (19000.000)sungguh sangat tidak masuk akal.


Dan untuk data data yang lain masih banyak anggaran lain yang diduga piktif masih kami perdalami untuk mendapat kan bukti bukti yang kuat dugaan korupsi dana Desa Air Bersih Tersebut.


Selanjut nya menurut salah satu masyarakat yang nama nya tidak di publikasi kan.ia mengatakan saat kami bertanya.terkait pembangunan rehapitasi  gedung pemudah dan olah raga.setau saya gedung itu cuma di cat ulang aja kemaren itu yang tau selebih nya saya tidak tau tanya kan lansung sama kepala Desa terang nya dengan singkat  kepada media beberapa waktu lalu.


Dan seterus kami dari media di waktu yang berbeda di hari yang berbeda,untuk  mencari kebenaran dugaan dugaan korupsi dana Desa tersebut ,kami mencoba untuk menemui Kepala Desa ZUL ADMAN kerumah nya.tapi ketika kami sampai sana Masyarakat mengatakan Kepala Desa keluar daerah kalau tidak salah pungkas nya Masyarkat tersebut.


Lanjut di hari yang sama waktu yang berbeda kami dari Media ini  tidak berhenti di situ saja demi mencari kebenaran dalam penggunaan dana Desa Air bersih.,kami mencoba untuk menghubungi yang diduga Kepala Desa Air Bersih  Melalui app Whatsap nya.


Dengan menanyakan terkait penggunaan dana Desa , setalah  pesan kami  masuk ia lansung menelpon dengan  lansung marah marah  dengan mngajak adu jotos degan tim media ini ,ia berkata dana Desa sudah ada yang mengecek nya Inspektorat ,BPK, tidak ada hak kamu dan urusan kamu dengan dana Desa saya, mau melapor kan saya  silakan saya tidak takut .


Apa kamu masih mau jadi wartartawan apa tidak dengan kata kata  ancaman nya dengan nada marah  kepada Tim investigasi Media ini,11/2024.


Seterus nya dengan Jawaban sperti itu, komfermasi kami terputus. sehinga kami menduga  laporan keuangan Desa ke Kementri Keuangan Negara, Banyak yang piktif dalam penulisan nilai angka harga atau biaya yang di gunakan dari dana Desa,jadi kami minta kepada pihak terkait Inspektorat dan BPK untuk meninjau ulang SPJ laporan Keuangan Desa Air Bersih Tahun anggaran 2023 kemaren untuk menghidari angka angka korupsi di Desa.


(Hasiar)

×
Berita Terbaru Update