Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Adakan Rapat Kordinasi Mitigasi Dari Berbagai Instansi

Jumat, 11 Oktober 2024 | Oktober 11, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-11T07:18:10Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?

Tanggamus, jurnalisme.info – 

Polres Tanggamus mengadakan rapat koordinasi mitigasi bencana di Aula Paramasatwika, yang dipimpin oleh Kapolres Tanggamus, AKBP Rivanda, S.I.K bersama Pasi Ops Kapten Rio Antomi, mewakili Dandim 0424/TGM, serta Plt. Kalak BPBD Tanggamus, Iwan Junianto, mewakili Pj Bupati Tanggamus, Kamis 10 Oktober 2024.


Rapat tersebut dihadiri oleh sejumlah perwakilan dari berbagai instansi, seperti Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol Samsuri, Kasat Intelkam Iptu Arbiyanto, Kasat Polairud Iptu Zulkarnain, perwakilan para Kapolsek, serta perwakilan OPD, Basarnas, PLN, Apdesi, dan RAPI. 


Rapat tersebut dilaksanakan guna menyamakan persepsi apabila terjadi bencana apapun di wilayah Kabupaten Tanggamus sehingga semua stakeholder terkait dapat bergerak cepat setelah informasi yang disampaikan melalui kanal yang ada.


Selain itu juga, kecepatan informasi terkait bencana akan dipadukan dengan keterangan-keterangan para pemangku kepentingan sehingga dapat segera disampaikan kepada masyarakat dengan cepat dan akurat.


Pasalnya, bencana alam merupakan bentuk peristiwa yang tidak dapat diduga kemunculannya dan bencana alam juga menimbulkan kerusakan disekitarnya seperti kerusakan lingkungan, infrastruktur, dan lain-lain oleh karena itu diperlukan adanya mitigasi yang merupakan suatu upaya untuk mengurangi resiko terjadinya bencana khusunya di Kabupaten Tanggamus.


Dalam rangka mitigasi meminimalkan dampak resiko bencana alam terhadap masyarakat, infrastruktur, dan perekonomian di Kabupaten Tanggamus sehingga perlu di lakukan rapat koordinasi lintas sektoral untuk memastikan kesiapan dan meningkatkan respons terhadap situasi kotijensi bencana dapat dilakukan dengan cepat dan efektif, mengurangi jumlah korban jiwa dan kerugian material.


Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana, Menjamin terselenggaranya penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi, menyeluruh dan berkelanjutan serta membangun partisipasi dan kemitraan publik serta swasta dan terpetakannya daerah rawan bencana alam.


Kapolres Tanggamus AKBP Rivanda dalam sambutanya mengatakan, mitigasi bencana sangat penting dalam kesiapsiagaan antisipasi bencana, terlebih saat ini telah datang musim penghujan. "Saya berharap kepada rekan-rekan semua dapat berperan serta dalam mitigasi bencana ini, demi kepentingan masyarakat," kata AKBP Rivanda.


Kapolres menegaskan, melalui kanal group komunikasi yang disediakan nantinya, semua pemangku kepentingan dapat saling bekerjasama melengkapi dalam penangananan bencana."Saya berharap ini bisa berjalan dengan baik, kita bisa berperan baik sehingga semua permasalahan dengan didukung oleh pemerintah daerah, TNI maupun stakeholder yang lain," tegasnya.


Sementara itu, Plt. Kalak BPBD Iwan Junianto mengucapkan terima kasih atas kegiatan mitigasi bencana yang dilaksanakan Polres Tanggamus. "Kami sangat berterima kasih atas inisiasi kegiatan mitigasi bencana oleh Polres Tanggamus," kata Iwan Junianto.


Kesempatan itu, Iwan Junianto jug memaparkan terkait isu Megathurst yang saat ini berkembang, selain itu juga potensi-potensi bencana yang ada di Kabupaten Tanggamus. Melalui pemaparan tersebut, diharapkan semua stakeholder dapat memahami dan mengantisipasi potensi bencana yang bisa saja terjadi di Kabupaten Tanggamus.  


(Rinto)

×
Berita Terbaru Update