Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Wujud Syukur Pada Leluhur Desa Pelem Watu Kecamatan Menganti Melaksanakan Sedekah Bumi dan Karnaval

Senin, 02 September 2024 | September 02, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-02T03:39:00Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?

Gresik, jurnalisme.info -

Negara yang kaya akan adat dan budaya. Beda daerah, beda pula budayanya. Termasuk masyarakat Jawa Timur yang memiliki tradisi turun temurun yang biasa disebut Sedekah Bumi.


Seperti halnya tradisi  yang saat ini menggelar acara sedekah bumi desa Pelem watu dan acara  sedekah bumi diselenggarakan dibalai desa Pelem watu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Pada Minggu (01/09/2024) jam 10 pagi.


Hal tersebut digelar sebagai bentuk rasa syukur terhadap sang pencipta yang telah memberikan rezekinya berupa hasil bumi yang melimpah ruah dan juga telah memberikan keselamatan serta kesejahteraan dan kemakmuran kepada seluruh masyarakat khususnya desa Pelem watu


Pada kesempatan ini turut hadir Muspika kecamatan menganti babinsa dan  Bhabinkamtibmas, Kepala Desa Sukayit Kepala Dusun , RT/RW, Ketua Panitia beserta Panitia Pelaksana dan warga masyarakat desa Pelem watu


Kegiatan  Sedekah Bumi, dibuka dengan acara sambutan-sambutan dan dilanjutkan dengan pembacaan tahlil dan sholawat nabi ditujukan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW. Kemudian acara ditutup dengan Doa dan dilanjutkan dengan ramah tamah.


Mengawali sambutan yang pertama, Kepala Desa Pelem watu Sukayit dalam Sambutannya, Ia Menyampaikan,” Terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Pelem watu khususnya warga Pelem watu atas bantuan yang berupa pikiran dan materiil, Semoga amal saudara diterima oleh Allah SWT dan di catat sebagai amal baik.


Adapun tujuan diselenggarakannya acara  sedekah bumi ini adalah untuk membentuk kepribadian masyarakat yang senantiasa bersyukur atas segala bentuk nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita semua.


“Selain itu juga dengan dilestarikannya tradisi Kirab Budaya Sedekah Bumi ini agar kita membiasakan kebiasaan baik untuk selalu bersedekah, Selain dari pada itu saya mengajak khususnya masyarakat Desa Pelem watu untuk menghormati jasa para leluhur pendahulu kita, dengan cara berdoa bersama mendoakan para leluhur yang telah mendahului kita semua,”tuturnya.


Sukayit Kepala Desa Pelem watu Ia juga Menambahkan,” Kegiatan Sedekah Bumi" ini rutin diselenggarakan setiap tahunnya oleh seluruh warga masyarakat Desa.


“Saya berharap kepada masyarakat Desa Pelem watu untuk tetap melestarikan Kirab Budaya Sedekah Bumi ini, Semoga kedepannya semakin tahun semakin meningkat”. Ujarnya.


Tak hanya itu saja, Kepala Desa Pelem watu Sukayit Ia juga Menambahkan, "Dengan diselenggarakannya acara kirab budaya sedekah bumi ini, saya berharap agar rejeki masyarakat semakin melimpah, dihindarkan dari segala macam serangan hama atau penyakit tanaman agar tidak mengganggu tanaman para petani, supaya hasil Panen warga masyarakat Desa Pelem watu semoga hasil panennya melimpah ruah," imbuhnya.


Lebih lanjut, Sukayit, Kepala Desa Pelem watu juga Menegaskan,” Kami ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga masyarakat Desa Pelem watu bila ada tutur kata saya atau dalam kepemimpinan saya, masih ada yang kurang maksimal, saya ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya.


“Untuk itu mari kita bersama-sama saling bahu-membahu guyub rukun dan gotong royong, untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Desa Pelem watu khususnya warga Pelem watu tanpa adanya dukungan dari bapak-bapak ibu-ibu sekalian saya rasa, tidak mungkin tercapai itu semuanya,” pungkasnya.


Untuk diketahui acara pada pagi hari hingga selesai diselenggarakan kegiatan tumpengan dan pembacaan tahlil dan tahmid dan juga dilanjut dengan pembacaan sholawat Nabi besar Muhammad SAW, kemudian dilanjutkan dengan kesenian pentas untuk ruwat Desa, dan untuk malam harinya ditempat terpisah dilanjutkan dengan kesenian wayang Kulit warga Pelem watu


Terpantau dalam acara Ki v ggrab Budaya Sedekah Bumi tersebut berjalan dengan lancar aman tertib dan kondusif, serta sukses, tidak ada halangan sedikitpun.


(Ren Oktavianus)

×
Berita Terbaru Update