Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Tungku Tigo Sajarangan Tali Tigo Sapilin Lengkap Melekat Pada SASUAI

Senin, 23 September 2024 | September 23, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-23T11:08:37Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?

Tungku Tigo Sajarangan Tali Tigo Sapilin Lengkap Melekat Pada SASUAI

Jurnalisme online.KPU Pasaman lakukan pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Pasaman pilkada serentak 2024 di gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping(23/9/2024).


Pencabutan nomor urut dilakukan sesuai nomor antrian yang telah ditetapkan KPU Pasaman, dalam pencabutan lot, Pasangan calon Sabar AS dan Sukardi memperoleh nomor urut 3.


Sorak riang gembira dan kumandang takbir dari para relawan dan simpatisan pasangan SASUAI ( Sabar AS Sukardi ) menggema seketika.


Hendri Salah seorang simpatisan paslon SASUAI yang datang dari Bonjol untuk menyaksikan secara langsung proses pengambilan Nomor urut tersebut mengatakan nomor 3 adalah angka ganjil.


"Alhamdulillah nomor urut 3 adalah angka ganjil, yang mana Allah SWT menyukai bilangan ganjil, kemudian angka 3 adalah lambang dalam filosofi adat kita yaitu "Tungku Tigo Sajarangan, Tali Tigo Sapilin" yang memiliki makna tentang kepemimpinan dan persatuan yang kokoh, tutur Hendri.


Lebih lanjut dia menjelaskan. Tungku tigo sajarangan merupakan istilah kepemimpinan di Minangkabau yang dibutuhkan untuk mengatur pemerintahan dan norma yang ada di masyarakat. Tungku tigo sajarangan terdiri dari pangulu (niniak mamak), alim ulama, dan cerdik pandai (cadiak pandai), tambah Hendri


"Ketiga unsur tersebut ada didalam tubuh SASUAI, alhamdulillah selain kedua tokoh ini memang memiliki sifat sifat kepemimpinan yang wajib ada di dada Niniak Mamak Alim Ulama dan Cadiak Pandai, paslon SASUAI juga mendapatkan dukungan kuat dari Niniak Mamak Alim Ulama dan Cadiak Pandai yang ada di Pasaman untuk maju Pilkada 2024 ini, lanjut Hendri.


Masing-masing memiliki peranan berbeda yang berguna mengatur dan membangun kehidupan warga masyarakat, dan karakter ketokohan dan kepemimpinan itu juga sangat terlihat jelas pada sosok Sabar AS dan Sukardi, tutup Hendri,


Terpisah selepas pencabutan Nomor urut di gedung Syamsiar Thaib, paslon SASUAI bersama para tim dan simpatisan melakukan makan bersama di posko Pemenangan SASUAI di Nagari Pauh Lubuk Sikaping.


Dalam kesempatan tersebut Sabar AS menegaskan kepada seluruh relawan dan simpatisan nya untuk tidak melakukan kampanye hitam.


"Saya ingatkan kepada kita semua, untuk tetap melakukan kampanye yang ber etika, kita tidak boleh melakukan Black campaign kita orang nya tidak seperti itu, mari kita lakukan dengan baik terhormat dan ber etika, jika ada yang melakukan pembusukan pembusukan terhadap kita cukup luruskan, ungkap Sabar AS.( Anjasri )

×
Berita Terbaru Update