Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Soal Dugaan Abainya KIP di Berapa SDN di Kecamatan Cikulur

Kamis, 12 September 2024 | September 12, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-12T10:06:58Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?

Lebak, jurnalisme.info -

Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Nasional melalui upaya pendidikan mutu, pemerataan efisiensi penyelenggaraan pendidikan serta tercapainya demokratisasi pendidikan, perlu adanya dukungan dan Peran Serta Masyarakat (PSM) yang Optimal.


Selain itu, Mengedepankan Keterbukaan dana anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS)  dan SK Tim management BOS agar dipergunakan sebaik mungkin oleh pihak sekolah dengan tujuan untuk menunjang berjalannya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan sekaligus melengkapi sarana prasarana di sekolah.


Berdasarkan UU RI no 14. Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Serta Permendikbud RI no 63 tahun 2022 pasal 2 keterbukaan merupakan salah satu komponen penting dalam pemajuan demokrasi yang inklusif, adil dan akuntabel, yang merupakan salah satu ciri sistem pemerintahan yang demokratis.


Namun sangat disayangkan, beberapa Sekolah Dasar Negeri di wilayah kecamatan Cikulur diduga abai dalam keterbukaan Informasi Publik dalam bentuk Papan Arkas. Mirisnya, selama dua tahun hal tersebut luput dari pengawasan pengawas serta korwil pendidikan kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, Banten. 


Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Pendidikan  Sekolah Dasar Negeri (Kabid- SDN) Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak Hadi Mulya S.Sos menyampaikan pihaknya saat ini sedang menunggu hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) yang saat ini sedang di lakukan pihak Inspektorat. 


" Kami sedang menunggu hasil SPI dari Inspektorat, sudah kami informasikan ke K3S " Kata Kabid Pendidikan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak, Hadi Mulya, S.Sos saat dihubungi tim media melalui pesan whatsApp pada Kamis, 12/09/2024. 


Ketika disinggung soal langkah yang akan di lakukan pihak Dinas, Hadi menyampaikan pihaknya masih menunggu hasil dari pihak inspektorat "Kami sudah ada tupoksi sekarang sedang dilaksanakan SPI, itu hasil akan terima dari Inspektorat, itu bahan Kami mengevaluasi Sekolah tersebut" Jelasnya. 


Menindak lanjuti persoalan tersebut salah satu aktivis pemerhati pendidikan di kabupaten Lebak menyampaikan akan terus mengawal birokrasi pendidikan di wilayah kecamatan Cikulur. " Saya dengan kawan-kawan Aktivis lainnya akan terus mengawal ini, dan kami berencana akan mendalami soal pengelolaan anggarannya beberapa tahun kemarin. " Tegas Agus Sugianto Wibowo.


(Ahmad)

×
Berita Terbaru Update