Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Pergelaran Wayang Kulit Desa Banyu Legi Dalam Rangka Acara Tegal Setiap Tahunnya

Selasa, 03 September 2024 | September 03, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-03T04:16:36Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?

Tegal, jurnalisme.info -

Tepat pada hari Sabtu jam 13 00   didesa cerme lor , telah diselenggarakan acara Tegal desa setiap 1 tahun sekali, pagelaran wayang kulit kidalsng Purnawan taruna aji desa banyu legi kec Dawar blandong. 


Acara tersebut dihadiri oleh muspika ,  camat , danramil ,dan  Kapolsek  cerme , warga menyambut antusias dgn diselenggarakannya acara ini , ketika diwawancarai awak media Kades cerme lor, H Arifin ,SH , mengatakan acara tersebut bertujuan melestarikan budaya  Jawa, dan untuk bersih desa .acara tersebut akan berakhir jam 12 malam .ujar kades yg dikenal ramah dan mantan atlit volly nasional ini.


Di Indonesia khususnya daerah Jawa timur memiliki beragam tradisi yang dipercaya agar membawah keberkahan ataupun keselamatan bagi yang tinggal di daerah yang di tinggali. Hal ini berhubungan di berbagai daerah salah satunya di desa cermei lor kabupaten Gresik Masyarakat setempat memiliki tradisi yang namanya Tegal Deso. 


Tegal deso adalah salah satu adat yang diselenggarakan oleh warga desa cermei lor. Nama lain dari Tegal Desa adalah Bersih Desa. Bersih Desa yaitu dimana warga desa Cermei lor  melakukan upacara adat dengan cara membuat sesaji seperti nasi tumpeng, menyajikan polo pendem, polo pendem adalah tanaman yang tumbuh didalam tanah seperti ubi jalar, ubi kayu (singkong), ganyong, talas, uwi, kentang, suweg, sayur-sayuran, dan buah-buahan yang dipanen oleh warga desa Cermei Lor sendiri.


(Ren Oktavianus)

×
Berita Terbaru Update