Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Peduli Kesehatan : Wali Nagari Panti Selatan Didi Al Amin.SP Adakan Pelatihan Posyandu

Jumat, 19 Juli 2024 | Juli 19, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-19T06:50:09Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?


Jurnalisme online.Panti Selatan,18-07-2024.Di tengah upaya memajukan kesehatan masyarakat Nagari Panti Selatan mengelar pelatihan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) terus menunjukkan peran pentingnya dalam menyediakan layanan kesehatan dasar yang merata terhadap masyarakat Panti Selatan, kecamatan Panti di aula kantor wali nagariKamis 18/07/2024.

Wali Nagari Panti Selatan Didi Al Amin.SP mengatakan, tujuan utama pelatihan kader Posyandu untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak. program ini telah berkembang menjadi sebuah inisiatif yang melibatkan aktif partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dan penyelenggaraannya.

"Kami juga berfokus pada penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya gizi, pola makan sehat, dan pencegahan penyakit. Dengan pendekatan ini, kami berharap dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk mengadopsi gaya hidup sehat."

Posyandu tidak hanya memberikan manfaat kesehatan langsung seperti penurunan angka kematian ibu dan anak serta peningkatan status gizi balita, tetapi juga memperkuat pemberdayaan masyarakat melalui partisipasi aktif dalam pengelolaan dan kegiatan Posyandu.

Dalam kegiatan tersebut, bertindak selaku narasumber, Pendamping desa dan pendamping lokal desa “Rusman,

Bidang Kesmas kesehatan masyarakat Desmariza, SMK, MPH Bidang P2P pencegahan dan pengendalian penyakit Nina Rahmah, SKM.

Dalam keteranganya pada awak media, wali nagari Didi mengatakan, Kegiatan pelatihan yang di laksanakan merupakan salah satu langkah untuk meningkatan ilmu pengetahuan dan keterampilan para kader posyandu tentang kegiatan promotif preventif di Posyandu Balita.

Dimana posyandu merupakan bentuk peran serta masyarakat di bidang kesehatan yang dikelola oleh kader dengan sasaran seluruh anggota masyarakat.

Sementara itu Didi juga menjelaskan, bahwa pokok materi dalam pelatihan yang diselenggarakan ini adalah, Penanganan masalah angka stunting dan gizi, kedua hal ini merupakan persoalan yang sangat penting untuk di atasi.

Guna menunjang pelayanan kita di nagari panti selatan, telah mempunyai posyandu sebanyak 13 ( tiga belas) yang tersebar di 4 ( empat) kejorongan ,dan mempunyai 65 orang kader posyandu.

Selain itu untuk memberikan motivasi terhadap para kader yang mengikuti pelatihan ini, pihak nagari telah menyiapkan baju kaos, yang berlogo ajakan untuk ke posyandu, “ungkap Didi.

Kita berharap, Masyarakat terutama Nagari Panti Selatan bisa memanfaakan pelayanan di Posyandu, kita yakin dengan adanya kerja keras seluruh kader dan dukungan masyarakat, akan tercipta Nagari Panti selatan yang madani, sehat dan aman, “tutup Didi.( Anjasri )

×
Berita Terbaru Update