Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Nagari pintu Padang Optimis dan konsisten Atasi stunting

Jumat, 12 Juli 2024 | Juli 12, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-12T05:55:03Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?

Nagari pintu Padang Optimis dan konsisten Atasi stunting 

Jurnalisme online.Pintu Padang,12-07-2024.Dalam rangka melakukan penanganan dan pencegahan stunting di Nagari Pintu Padang,Kecamatan mapat tunggul, Kabupaten pasaman, pemerintah Nagari Pintu Padang kecamatàn Mapat Tunggul mengadakan rembuk stunting dalam rangka percepatan, pencegahan dan penanganan stunting terintegrasi. Rembuk stunting ini dihadiri oleh PD/PLD Kecamatan mapat tungul, Bamus Nagari, ahli gizi Puskesmas mapat tunggul, kasi kesra, ketua TPPKK, ketua TPPS serta kader-kader posyandu se-Nagari pintu padang.Rembuk dibuka oleh wali nagari pintu padang ,Edrianosmoy di aula kantor wali nagari pintu padang ( 28/6/2024)

Wali Nagari Pintu Padang Edrianosmoy mengatakan tetap optimis dan bertekad atasi masalah stunting di nagarinya.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh kembang pada anak balita, akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan. Secara fisik, kondisi stunting dapat dilihat dari pertumbuhan tinggi badan per umur yang tidak sesuai dengan standar pertumbuhan yang seharusnya.Akibat terburuk nya adalah perkembangan dan pertumbuhan otak anak, sehingga kecerdasan anak tidak maksimal yang tentu saja akan menimbulkan masalah secara sosial yang bisa memepengaruhi masa depan serta produktivitas anak tersebut.

Rembuk stunting diawali dengan laporan dari ketua  (TPPS) Nagari Pintu Padang sekaligus ketua TPPKK Nagari Pintu Winda Agustin, S.Pd. Dalam penyampaiankan bahwasanya terdapat lebih kurang 10% anak dalam kondisi balita stunting di nagari pintu Padang. Ketua TPPS berharap stunting bisa tertangani dengan baik di nagari pintu padang 

Rembuk Stunting Nagari Pintu Padang tahun ini memperoleh beberapa rekomendasi diantaranya 

1. Membentuk struktural baru Rumah Desa Sehat (RDS)

2. Penanganan Stunting mulai dari tingkat remaja putri hingga Calon Pengantin 

3. Penguatan peran Bidan Desa bagi ibu hamil dan anak baduta.

4. Penguatan peran posyandu bagi balita.

(Anjasri)

×
Berita Terbaru Update