Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Polres Banyuasin Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Minggu, 02 Juni 2024 | Juni 02, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-03T04:32:05Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?

 



Banyuasin,Jurnalisme.info -- 

Polres Banyuasin Polda Sumsel, gelar upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di halaman Mapolres Banyuasin, Sabtu (1/6). Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK, dengan tema "Pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia Emas 2045".


Upacara diikuti Wakapolres Banyuasin  Kompol Adriansyah SE SIK, Kabag SDM Kompol Yuzar Heris SIP MSi, Kabag Ops Kompol Muhammad Syamsul Zacri SH MSi, Kabag Ren Kompol Eryadi Yuswanto SH MH, Para Kasat Polres Banyuasin, para Kasie Polres Banyuasin, dan seluruh Bintara dan PNS Polres Banyuasin.


Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK membacakan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia dimana 


tema tersebut mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.



"Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara," ujar Kapolres AKBP Ferly Rosa Putra SIK.


Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. 


"Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional "Bhinneka Tunggal Ika," tutur AKBP Ferly Rosa Putra SIK.


Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, Kapolres Banyuasin mengajak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


"Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia," ujar dia.


Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.


AKBP Ferly Rosa Putra SIK mengatakan, pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


"Maka dari itu, saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa,"jelas dia.


"Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik," tambah Kapolres.


Lanjutnya, AKBP Ferly Rosa Putra, mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.


Untuk diketahui, setelah melaksanakan upacara dilanjutkan dengan mengikuti upacara tingkat Pusat melalui siaran kanal YouTube BPIP di lapangan Garuda Pertanian blok Rokan Provinsi Riau. 

(Mulyadi)

×
Berita Terbaru Update