Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Peluncuran Pemilukada Aceh Tamiang 2024 ini pesan PJ bupati Asra

Jumat, 28 Juni 2024 | Juni 28, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-27T17:05:11Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?

Aceh Tamiang –  Jurnalisme.info | Peluncuran Pemilihan Kepala Daerah Aceh Tamiang sebagai tonggak awal untuk mendongkrak partisipasi seluruh elemen serta menunjang kesiapan KIP dalam rangka menyukseskan seluruh tahapan Pemilukada. Hal ini disampaikan Pj. Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra saat Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang Tahun 2024, di lapangan upacara kantor Bupati setempat, Selasa (11/6/24) malam.


Menyampaikan amanatnya, Pj. Bupati Asra menyebutkan, kegiatan dapat menjadi momentum bagi kita semua, baik pihak penyelenggara maupun peserta Pemilukada, untuk membangun konsolidasi dan koordinasi yang harmonis demi mewujudkan Pemilukada yang demokratis berlandaskan asas langsung umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.


Dijelaskan, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 tahun 2024, telah ditetapkan secara nasional bahwa Pemilukada di seluruh Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 27 November Tahun 2024.


“Dengan ditetapkannya PKPU yang ditandatangani tanggal 26 Januari 2024 ini, maka tahapan Pemilihan Kepala Daerah serentak nasional Tahun 2024 telah resmi dimulai,” ujar Pj. Bupati Aceh Tamiang tersebut.


Dengan peluncuran Pemilukada, Pj. Bupati Asra berharap, kiranya unsur terkait dalam Pemilukada Aceh Tamiang Tahun 2024 serempak pula memberikan dukungan. Terutama jajaran Pemerintah Daerah, aparat keamanan TNI Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat dan unsur lainnya, badan adhoc PPK, KPPS untuk bersama-sama, bergandengan tangan menyukseskan Pemilukada serentak tahun 2024 dengan aman, lancar dan damai.


“Tanpa dukungan semuanya, seluruh tahapan Pemilukada mustahil bisa dilaksanakan dengan baik. Tentunya melalui Pemilukada ini, kita mempunyai kesempatan emas untuk menyuarakan aspirasi dalam memilih pemimpin Aceh Tamiang lima tahun ke depan,” tuturnya.


Dalam pada itu, Pj. Bupati Asra juga mengajak semua lapisan untuk melakukan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan pemilu. Semangat pemilu harus dihidupkan lagi di tengah masyarakat.


Kami berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang untuk tidak hanya menyukseskan Pemilukada dengan cara mengunakan hak pilihnya, namun juga tetap menjaga persatuan serta tidak mudah termakan isu tidak jelas atau hoaks,” tambahnya.


“Mari bersama-sama mengawal pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang tahun 2024 pada tanggal 27 November 2024 agar berjalan transparan dan akuntabel. Apabila menemukan permasalahan, segera  selesaikan sedini mungkin agar kondusifitas tetap terjaga,” tutupnya mengakhiri.


Sementara itu, Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang, Rita Afrianti, menegaskan pesta demokrasi mesti terlaksana dengan penuh kegembiraan dan suka cita. “Dalam sebuah pesta, haram hukumnya ada rasa takut, rasa cemas, rasa terancam dan terintimidasi,” tegasnya.


Untuk itu, sambungnya, Pemilukada sebagai sebuah pesta demokrasi harus berjalan dengan damai, dengan baik, adil dan bermartabat.


Rita kembali menegaskan siapapun yang punya kepentingan dalam pelaksanaan Pemilukada tidak boleh bersikap anarkis, rasis, teror dan intimidasi serta pemaksaan kehendak pada orang lain, karena hal tersebut sangat bertentangan dengan prinsip pemilu dan nilai-nilai demokrasi pancasila.


“Rasis, intimidasi, acaman dan tindak kekerasan dalam pemilukada adalah pelanggaran berat dan harus kita tolak dan kita lawan,” tegas Rita yang diberi aplusan ratusan peserta.


Kegiatan Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang Tahun 2024 berlangsung meriah. Grup band melayu Lebah Begantong didaulat menjadi pengisi hiburan utama kegiatan.


Tampak hadir Ketua DPRK, Suprianto, bersama Wakil Ketua DPRK, Fadlon, Plh. Ketua KIP Aceh, unsur Forkopimda, ketua TP-PKK, seluruh Komisioner KIP Aceh Tamiang bersama jajaran kesekretariatan, PPK, PPS, para Komisioner Panwaslih, Camat beserta unsur Forkopimcam, sejumlah Kepala SKPK, para pengurus dan perwakilan parpol dan OKP dalam Kabupaten Aceh Tamiang.

×
Berita Terbaru Update