Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Jaga Stabilitas Pangan, Pj Bupati Aceh Tamiang Turun Lakukan Gerakan Tanam Padi Serentak

Jumat, 28 Juni 2024 | Juni 28, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-27T17:56:24Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?

Aceh Tamiang -  Jurnalisme.info | Dalam rangka menjaga stabilitas pangan, Pj. Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra menggerakkan tanam padi serentak di Kampung Suka Mulia, Kec. Rantau, Senin, (24/6/24).


Gerakan Tanam Padi Serentak di lahan seluas 80 hektar ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam mendukung program ketahanan pangan dalam mengupayakan pemenuhan kebutuhan beras bagi masyarakat yang saat ini telah banyak melakukan alih fungsi lahan.


Pj. Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra mengatakan, beras merupakan salah satu penyumbang inflasi daerah. 


“Jika kabupaten kita bisa menghasilkan beras, maka harga beras di tamiang akan stabil”, ujarnya. 


Selain itu, untuk mencapai kestabilan dan tercapainya target panen, Asra mengatakan kekompakan menjadi kunci utamanya. 


“Harus kompak! Musim tanam harus dilakukan bersamaan, agar musim panen juga dapat dilakukan secara serentak, hingga meminimalisir panjangnya masa hidup hama”, sebut Pj. Bupati Asra. 


Masa panen secara merata juga dinilai akan membuat kemakmuran masyarakat kampung secara merata dan tidak terganggu oleh sistem. 


Ia juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk menentukan dosis pestisida, jenis bibit dan musim tanam agar tidak mengganggu sistem. 


“Lakukan manajemen yang baik, dengarkan instruksi pak Datok (red-Kepala Desa). Harus dilakukan Manajemen penanaman”, sebutnya.


“Semoga dengan gerakan tanam serentak ini produksi padi di Kampung Suka Mulia meningkat tajam hingga melebihi 8 ton gabah per hektar”, pungkasnya disambut tepuk tangan masyarakat. 


Datok Penghulu Kampung Suka Mulia, Darmansyah, mengatakan masyaraktnya sudah berkomitmen mendukung program ketahanan pangan. 


Disebutkannya, saat ini Kampung Suka Mulia sudah menyumbangkan ketahanan pangan sebesar 37 persen. 


“Saat ini produksi masih 4 ton gabah per Hektar. Namun kami semua menargetkan produksi gabah Nasional sebesar 8 ton per Ha”, sebut Darmansyah. 


Dikatakannya, saat ini sudah ada sawah masyarakat yang menghasilkan 7 ton dikarenakan adanya subuh bor. Ia juga menyebutkan selama ini Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Aceh Tamiang telah menyumbangkan Alsintan (alat dan mesin pertanian) serta sumur bor agar sawah mereka teraliri air. 


“Kami akan terus perbaiki agar para petani kami mendapatkan semangat kembali melakukan tanam padi”, ucapnya. 


Diakhir sambutannya, Darmansyah juga berterimakasih kepada para penyuluh pertanian yang telah membawa sistem pertanian di Kecamatan Rantau semakin maju. 


Hadir dalam kegiatan Gerakan Taman Padi Serentak dalam upaya pengendalian inflasi daerah Ketua DPRK Aceh Tamiang, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab, Dandim 0117/Aceh Tamiang yang diwakili Dandramil Kec. Rantau, Kapolres Aceh Tamiang yang diwakili Kapolsek Rantau, Kepala Dinas Pertanian, Kabag Prokopim Setdakab, unsur Forkopimcam Rantau, perangkat Kampung Suka Mulia, para penyuluh pertanian dan para petani serta undangan lainnya.

×
Berita Terbaru Update