Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Tingkatkan Kompetensi Guru Fahami Perundungan,Kekerasan Fisik Dan Kekerasan Seksual Di Sekolah YPMA Medan

Jumat, 31 Mei 2024 | Mei 31, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-31T08:55:57Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?

 

Medan,jurnalisme.info -

Maraknya berita tentang perundungan atau biasa disebut "bullying"  di beberapa sekolah negeri ini menjadikan was-was semua pihak termasuk Pengurus Yayasan dan Guru-guru yang ada di Yayasan Pesantren Modern Adnan (YPMA) Medan. 


Maka dari itu,mengambil tema "Workshop Pendidikan Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Antisipasi Perundungan" 

 para guru dari jenjang RA SD dan SMP tampak antusias mengikuti Kegiatan workshop tersebut yang dilaksanakan mulai jam 10.00 WIB sampai dengan jam 12.00 WIB, di ruang kelas yang ada di PERGURUAN YPMA MEDAN,Jalan Pesantren No 15 Sei Sikambing Medan Sunggal,Rabu (29/5/2024).


Kegiatan workshop ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya,kata sambutan, penyampaian Materi tentang Bullying yang di sampaikan oleh Bapak Andi Yudhistira SPD,MPD  Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan sebagai nara sumber, tanya jawab dan ditutup dengan do'a oleh Ustadz Imran Purba S.Pdi.


Tampak hadir Kepala Sekolah SMP SWASTA YPMA yaitu Bapak Surya Purba S.E memberikan kata sambutannya, berharap kegiatan ini bisa bermanfaat bagi guru-guru yang ada di lingkungan PERGURUAN YPMA sehingga terwujud "Bullying Zero Accident" di sekolah ini dan lingkungan sekitarnya,harap nya. 


Tidak lupa juga "pak Purba" begitu biasa dipanggil menyatakan terimakasih yang tak terhingga kepada pengurus yayasan yang telah dengan lapang hati secara moril dan materil membantu terselenggaranya workshop ini. 


Ketika media ini mewawancarai salah seorang guru yang menjadi peserta kegiatan ini Bapak IMRAN PURBA S.Pd.I berharap kegiatan ini bukan hanya sebatas workshop,tapi hendaknya ilmu dan pengalaman yang diperoleh bisa diaplikasikan dalam aktifitas sehari-hari.


Ayah 3 anak ini juga berharap,setelah workshop ini diadakan sosialisasi ke Orangtua siswa dan masyarakat sekitar agar bisa lebih paham tentang bullying ini.

"Kini kan sudah ada TPPK (Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan),

Tim ini dibentuk di Satuan Pendidikan Untuk Melaksanakan Upaya Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Pendidikan sesuai dengan Tugas dan Wewenang yang telah diamanatkan. Di tingkat Daerah dan Nasional kini juga ada dibentuk TIM TPPK yang serupa. 

Hendaknya tim yang sudah ada ini membuat sinergitas antar tingkatan. Harapannya ketika ada bullying atau perundungan bahkan kekerasan maka tim inilah yang bekerja menyelesaikannya,bukan seperti sekarang ini yang ketika ada masalah perundungan di sekolah tiba-tiba sudah ada laporan di kepolisian," pungkasnya.


Setelah selesai kegiatan ini, tampak para guru mengadakan sesi Poto dan makan bersama dilanjutkan dengan membersihkan dan merapihkan kembali ruangan yang telah digunakan tersebut.


Pewarta : Zaini Abdillah,SE

×
Berita Terbaru Update