Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Rektor Unair Ungkap Tak Masalah UKT Naik,Asal Jujur Kondisi Ekonomi

Selasa, 14 Mei 2024 | Mei 14, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-14T07:14:32Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?





Jakarta,Jurnalisme.Online-

Rektor Universitas Airlangga (Unair) Mohammad Nasih mengatakan uang kuliah tunggal (UKT) sudah lama tak mengalami kenaikan. Menurut dia beban operasional kampus cukup berat untuk menggaji tenaga pendidik.

Mohammad Nasih mengatakan idealnya terjadi penyesuaian UKT di Unair. Namun, di sisi lain, PNS mendapatkan kenaikan gaji hampir tiap tahun.

"UKT di Indonesia sudah lama tak naik jadi penyesuaiannya lamban sekali, padahal gaji PNS itu hampir tiap tahun naik," kata Mohammad Nasih kepada wartawan usai acara Diskusi Kebangsaan Gagasan Unair Menuju Indonesia Maju 2034 di Jakarta, Selasa (14/5/2024).


Dia mengatakan beban operasional universitas cukup tinggi, khususnya untuk menggaji tenaga pendidik non-PNS. Dia merasa perlu ada formulasi baru dalam pembiayaan pendidikan.

"Mungkin ini harus diformulasikan lebih lanjut agar universitas bisa mencukupi operasional rutinnya, sementara kalau kita punya dosen guru yang bukan PNS itu kita perlu menyesuaikan gaji mereka, meskipun itu sangat kecil, tentu mekanisme pembiayaan universitas perlu ada evaluasi lebih lanjut," ujarnya.

Meski menyinggung soal kenaikan UKT, Nasih memastikan tidak ada persoalan UKT di Unair. Dia menjelaskan mahasiswa tidak mampu di Unair bisa mengajukan keringanan. Dia juga berharap mahasiswa bisa menyampaikan secara jujur dan terbuka terkait kemampuan ekonomi dan keuangannya.

"Case kita di Unair UKT tidak naik, tidak masalah, kita juga berikan ada afirmasi KIP Kuliah 20 persen, mereka yang perlu keringanan juga kita berikan. Masalahnya itu mungkin di komunikasi, kalau komunikasi bagus, semua bisa diselesaikan, praktiknya sebenernya tidak ada masalah, kalau jujur saja tidak ada masalah, yang miskin ngaku miskin, yang kaya ngaku kaya, itu selesai," ucapnya.

Sumbet:Detik.com
×
Berita Terbaru Update