Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Penyebab Lantai Dapur yang Berminyak dan Tips Membersihkankannya

Rabu, 08 Mei 2024 | Mei 08, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-08T02:15:46Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?




Jakarta,Jurnalisme.Online-

Menjaga kebersihan lantai dapur sangat penting untuk mendapat lingkungan memasak yang higienis dan nyaman. Namun, pernahkah kamu mendapati lantai dapur terasa lengket dan berminyak?

Sangat mengganggu, bukan? Selain kotor, lantai dapur yang berminyak juga bisa berbahaya lho. Penghuni sewaktu-waktu dapat terpeleset dan jatuh karena lantai licin.

Pastinya lantai dapur menjadi berminyak karena aktivitas memasak, namun kenapa minyak bisa sampai berakhir di sekujur lantai? Simak penjelasan berikut ini yang dilansir dari Mr Handyman, Selasa (7/5/2024)

Penyebab Lantai Dapur Berminyak

1. Menggoreng dan Menumis Makanan

Aktivitas memasak tentunya identik dengan menggoreng dan menumis makanan. Nah, ternyata proses memasak seperti ini membuat partikel minyak menguap ke udara. Lama-lama partikel minyak akan jatuh dan menumpuk di berbagai permukaan dapur, termasuk lantai.

2. Cipratan dan Tumpahan Minyak

Wajar saja kalau sering ada cipratan dan tumpahan minyak di sekitar dapur. Hal ini bisa tentu membuat lantai menjadi kotor, apalagi kalau sedang banyak aktivitas memasak di dapur

3. Kurang Ventilasi

Sistem ventilasi yang kurang memadai membuat uap berminyak dari memasak terperangkap di dapur. Padahal, dengan ventilasi yang cukup, uap tersebut dapat dikeluarkan dari dapur, sehingga mengurangi tumpukan minyak.

4. Tidak Rajin Membersihkan Dapur

Tidak membersihkan lantai dapur secara rutin akan membuat lemak dan minyak lama-lama menumpuk. Lalu, metode yang kurang tepat juga membuat proses pembersihan kurang efektif, sehingga lantai selalu berminyak.

Cara Bersihkan Lantai Dapur Berminyak

1. Larutan Cuka Putih

Larutkan cuka putih dengan air menggunakan perbandingan 1:1 di dalam baskom atau botol semprot. Lalu, aplikasikan cairan tersebut pada area berminyak.

Kamu bisa menggunakan sikat untuk menggosok lantai dengan perlahan, terutama pada noda minyak membandel. Setelah itu, kamu bisa bilas lantai dengan air bersih dan keringkan.

2. Pasta Soda Kue

Campurkan soda kue dengan sedikit air untuk membuat bentuk pasta. Oleskan pasta soda kue pada lantai berminyak dan biarkan selama 10-15 menit.

Selanjutnya, gosok permukaan tersebut dengan sikat atau spons secara perlahan. Barulah membilas dan mengeringkan lantai.

3. Larutan Sabun Cuci Piring

Campurkan air hangat dan beberapa tetes sabun cuci piring di dalam baskom. Kamu bisa menyikat atau mengelap noda minyak membandel, kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan.

4. Larutan Jus Lemon

Peras jus lemon segar dan campurkan dengan air hangat. Selanjutnya, aplikasikan larutan menggunakan kain pel atau spons. Gunakan kain pel atau spons untuk mengaplikasikan minyak pada pantai.

Lalu, biarkan larutan bekerja untuk menghancurkan minyak. Barulah menyikat atau mengelap lantai dengan air bersih.

Itulah cara membersihkan lantai dapur dari minyak yang lengket, kotor, dan licin. Semoga membantu!


Sumber:detik.com

×
Berita Terbaru Update