Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Maba Ga Perlu Bingung,Ini 10 Tips Hadapi Kuliah Bagi Mahasiswa Baru

Kamis, 09 Mei 2024 | Mei 09, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-09T03:16:20Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?



Jurnalisme.Online-

Tips lancar kuliah mahasiswa baru. Menjadi mahasiswa baru ten tu membutuhkan penyesuaian lagi. Dari lingkungan yang ramah hingga belajar di universitas. Jika kamu siap berperan sebagai mahasiswa, maka kamu pasti berharap agar semuanya berjalan lancar dan kamu lulus tepat waktu. 

Masih banyak cara yang bisa kamu lakukan agar dunia perkuliahan menjadi lebih indah dalam sekali genggaman. Untuk itu, kamu perlu tips jitu nih biar dunia perkuliahanmu menjadi lebih sukses. Apa saja sih tips yang bisa kamu lakukan? Simak baik-baik ulasan berikut ini ya.

Pelajari dan Ikuti Seluruah Aturan Kampus

Ikuti Semua Peraturan Kampus Mahasiswa baru wajib mengetahui dan mengikuti Peraturan Kampus. Jangan meremehkan aturan yang diberlakukan di kampus. Misalnya aturan ganti baju dan masuk kelas. Semua aturan ini perlu benar-benar menginspirasi.

Mulai Ubah Mindset

Ya, menjadi mahasiswa tidak sama dengan menjadi siswa sekolah. Seluruh proses belajar mengajar tidak harus dibimbing dan diawasi oleh seorang guru. Siswa harus bisa mengikuti materi yang diberikan oleh dosen. Dosen biasanya hanya meninjau materi kuliah. Selebihnya menuntut siswa untuk membaca dan mencari literasi yang berbeda untuk memenuhi materi.

Temukan Gaya Belajarmu dan Optimalkan

Tips selanjutnya untuk mahasiswa baru adalah kamu harus bisa menemukan gaya belajar yang paling ideal dan cocok untuk diimplementasikan.Ini akan menjadi salah satu kunci sukses dalam dunia pendidikan.Kemungkinan itu ada. Ada yang belajar dari malam sampai pagi, ada yang belajar dari pagi, ada yang belajar sambil mendengarkan lagu, ada yang belajar di lingkungan yang tenang, dll. Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda.

Temukan gaya belajar yang paling cocok untukmu sehingga kamu dapat bersiap ketika tantangan menumpuk.

Tingkatkan kemampuan mencatat Anda 

Kamu tidak perlu menuliskan semua yang dijelaskan instruktur. Yang harus kamu lakukan adalah mendengarkan dengan seksama penjelasannya, mencernanya, dan memperhatikan poin-poin pentingnya. Jangan hanya menghafal apa yang kamu tulis, pahamilah. 

Selain itu, mencatat akan membantu kamu berkonsentrasi dan mencegah kamu tertidur selama kelas. Mencatat selama kuliah sangat penting. Karena materi saat ujian tidak hanya berasal dari buku, tetapi juga dari penjelasan yang diberikan langsung oleh pengajar di kelas. Kamu diharuskan mengambil beberapa mata kuliah setiap semester. Nah, setiap mata kuliah biasanya memiliki tugas, ulangan, dan ujian yang harus diselesaikan. Mungkin sulit untuk menyelesaikannya jika kamu tidak tahu cara belajar yang paling nyaman bagimu.

Bergaul dan Luaskan Pertemanan Hingga Senior

Ini bukan waktunya untuk hanya duduk di kelas dan tidak melakukan apa-apa setelah kelas.Inilah saatnya kamu harus rajin untuk berkoordinasi dengan teman. Entah itu berkoordinasi seputar pelajaran ataupun organisasi.

Disinilah kamu akan memulai belajar untuk memasuki kehidupan dewasa dan dunia kerja. Jika kamu bisa berkoordinasi dengan baik, maka gak mustahil jika kamu sudah siap untuk memasuki fase dunia kerja setelah lulus nanti.

Selain itu, cobalah untuk berkenalan dengan senior karena bisa memberikan ilmu yang berharga. Misalnya, bagaimana cara menguasai mata kuliah tertentu, bagaimana cara menghadapi dosen galak, info kos-kosan, dan berbagai hal tentang kehidupan kampus yang belum kamu ketahui. Kamu juga bisa meminjam buku atau catatan punya senior. Nah, biasanya, kedekatan dengan senior ini bisa terjalin melalui kegiatan ospek.

Melek Informasi dan Teknologi

Agar tidak ketinggalan dengan mahasiswa lain, perlu dibiasakan dengan informasi dan teknologi yang ada. Mahasiswa baru harus pintar mencari semua informasi yang tersedia.

Kamu tidak hanya dapat menggunakan teknologi untuk mencari informasi terbaru, tetapi kamu dapat menggunakan teknologi untuk melakukan semua tugas selama waktu belajar kamu.

Pelajari Manajemen Waktu yang Baik 

Di perguruan tinggi, kamu akan menemukan banyak kegiatan yang sedikit lebih sibuk daripada ketika Anda masih kuliah. Mahasiswa dituntut tidak hanya untuk belajar, tetapi juga untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh jurusan, kampus dan kegiatan di organisasi kemahasiswaan. Sebagai mahasiswa, Anda juga perlu bijak dalam mengalokasikan waktu untuk setiap kegiatan yang Anda ikuti. Untuk melatih keterampilan Anda sepenuhnya, Anda dapat melakukannya menggunakan manajemen waktu terstruktur.

Perluas wawasan dalam kaitannya dengan bidang studi kamu

Pada tahun pertama studi, materi pelajaran biasanya kurang kompleks dibandingkan tahun-tahun berikutnya. Namun, jika kamu baru mulai kuliah dan ingin memperluas wawasan kamu di luar jurusan kuliah yang telah kamu pelajari sejak kelas satu, tidak ada salahnya membaca buku atau menonton video instruksional di Internet, dapat memperluas wawasan kamu. 

Tentunya sebelum belajar di kelas akan lebih mudah untuk memahami materi perkuliahan terlebih dahulu. Jika kamu rajin belajar mulai sekarang, dalam beberapa tahun kamu akan dapat memahami materi selanjutnya yang lebih rumit dengan lebih mudah.

Berkenalan dengan dosen

Selain kenalan dengan senior atau kakak tingkat, kamu juga bisa berkenalan dengan dosen yang mengajarmu di kampus. Cara paling mudah untuk berkenalan dengan dosen adalah dengan menjadi ketua kelas. Ketika menjadi ketua kelas, tentunya kamu akan banyak menghubungi dosenmu terkait jalannya perkuliahan.

Jangan menyerah

Salah satu hal yang harus kamu peroleh dengan pendidikan adalah ketabahan. Ya, variasi perkuliahan bisa sedikit berlebihan saat kamu baru memulai. Namun, kamu perlu merasa lebih baik. Jangan malas atau putus asa mengikuti perkuliahan. Memasuki fase baru dalam hidup membutuhkan penyesuaian dan usaha ekstra. Namun, kamu harus tahu bahwa kamu harus belajar banyak selama tahap ini agar bisa sukses di masa depan.

Sumber:UMN.AC.ID


×
Berita Terbaru Update