Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Ini Poin Penting Pidato Megawati di Rakernas PDIP V

Sabtu, 25 Mei 2024 | Mei 25, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-25T07:53:58Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?



 Jakarta,Jurnalisme.Online-

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan kata sambutan sebagai pembuka rapat kerja nasional (Rakernas) V PDIP, Jumat (24/5).
Megawati menyampaikan sejumlah poin-poin yang menjadi sorotan mulai dari PDIP beri sinyal jadi oposisi pemerintahan Prabowo Subianto hingga klaim Pemilu 2024 sudah direkayasa.

Tak hanya itu, mantan presiden RI ke-5 itu juga sempat terisak tatkala mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia. Berikut poin-poin yang menjadi sorotan Megawati dalam pidatonya:

Terisak dan pekik kader menggema

Di awal pidato, Megawati tampak terisak. Momen itu terjadi saat Mega mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang masih memilih partainya sehingga bisa menang pemilihan legislatif untuk ketiga kalinya.

"Selaku Ketua Umum partai dan atas nama PDIP kami mengucapkan beribu-ribu terima kasih pada seluruh rakyat Indonesia yang dengan penuh semangat dan kecintaannya selalu mendukung PDIP hingga tetap berdiri tegak tetap menjadi pemenang pemilu legislatif tiga kali berturut-turut," ucap Megawati.

Tuding Pemilu telah direkayasa
Megawati mengaku prihatin dengan berbagai bentuk kecurangan selama Pemilu 2024.

"Saya ini Presiden (kelima RI). Ketika pemilu langsung pertama lho (Pemilu 2024), bertanggung jawab, berhasil lho. Lho kok sekarang pemilunya langsung, tapi kok jadi abu-abu gitu sudah direkayasa," ucapnya.

Menurutnya, dugaan kecurangan pemilu bahkan telah diakui berbagai pihak. Mulai dari kelompok masyarakat sipil hingga ahli hukum. Terlebih, ia menyesalkan karena Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga terkesan diam

KPU-nya juga diam, Bawaslunya enggak ada suara, jadi kan saya mikir masa saya enggak boleh bersuara, saya boleh dong bersuara," seloroh dia.

Mega menilai reformasi saat ini seperti hilang secara tiba-tiba. Dia terutama menyoroti praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, yang dulu menjadi musuh bersama namun saat ini seperti dibiarkan.

Ia menyebut KPK juga seperti tak berfungsi. Megawati juga mengkritik Mahkamah Konstitusi (MK) yang dinilai bisa diintervensi kekuasaan. Padahal, kata Megawati, dua lembaga itu lahir di era pemerintahannya.

"Makanya aduh MK juga sama, kenapa? Bisa diintervensi oleh kekuasaan, nampak jelas melalui keputusan terhadap perkara nomor 90 yang menimbulkan banyak an

Kritik RUU di DPR, sindir Puan
Megawati juga mengkritik proses pembahasan sejumlah rancangan undang-undang atau RUU di DPR RI yang dinilai menyalahi aturan dan prosedur. Ia antara lain menyinggung proses pembahasan RUU Mahkamah Konstitusi hingga Penyiaran.

"Bayangkan dong pakai revisi UU MK, yang menurut saya prosedurnya saja tidak benar," kata Mega di hadapan ribuan kader yang hadir.

Mega mengkritik karena pengesahan tingkat satu RUU MK dilakukan di masa reses. Karena hal itu, Mega bahkan mengaku sampai memanggil Ketua Fraksinya, Utut Adianto. Dalam kesempatan itu, Megawati juga menyindir Puan Maharani selaku Ketua DPR RI.

Tiba-tiba masa reses, saya sendiri sampai bertanya pada tadi ada Pak Utut mana ya?" Katanya.

"Lah saya tanya beliau. Ini apa sih? Mbak Puan lagi pergi. Yang saya bilang ke Meksiko, kok enak amat ya?" Imbuh Megawati.

Megawati turut menyinggung polemik RUU Penyiaran yang memuat klausul usulan larangan produk jurnalistik. Dia heran produk jurnalistik investigasi mau dilarang padahal telah diatur Dewan Pers.

"Lah kok enggak boleh ya investigasinya. Loh, itu kan artinya pers itu kan apa sih, menurut saya, dia benar-benar turun ke bawah loh," kata dia.

Sentil utang ribuan triliun
Putri dari Presiden Soekarno itu juga sempat menyinggung utang ribuan triliun pemerintah. Ia mempertanyakan bagaimana cara pemerintah membayar utang di tengah kondisi ekonomi saat ini.

"Pertanyaan saya, ayo mikir, utang kita ini gimana cara bayarnya?" kata Megawati.

Ia mencontohkan saat menjadi presiden, dirinya lebih memilih kabinet ramping yang diisi 33 menteri saat menghadapi krisis multidimensi. Namun, kata dia, kabinet itu diisi oleh para profesional. Dengan begitu, orang yang tepat berada di posisi yang sesuai dengan bidangnya.

Megawati menilai, hal ini mampu mengatasi krisis yang saat itu dihadapi Indonesia.

"Jadi the right man in the right place. terbukti krisis teratasi dan seluruh utang terutama dengan International Monetary Fund (IMF) dapat dilunasi," ucap Megawati.

Diketahui, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat total utang pemerintah naik menjadi Rp8.253,09 triliun per Januari 2024. Jumlah utang ini naik sebesar Rp108,4 triliun dibandingkan utang di Desember 2023, yakni sebesar Rp8.144,69 triliun.

Adapun rasio utang terhadap produk domestik bruto (PDB) masih di bawah batas aman 60 persen. Rasio utang per Januari 2024 berada di level 38,75 persen.


Beri sinyal jadi oposisi Prabowo

Megawati memberi sinyal partainya bakal berada di luar pemerintahan Prabowo. Ia mengatakan PDIP adalah partai yang memiliki keteguhan dan keberanian. Dia pun meminta kadernya untuk keluar dari zona nyaman.

"Partai kami adalah partai yang mempunyai keteguhan dan kesabaran yang luar biasa. Siapa yang enggak mau ngikut? Ya iya lah, sudah lah enggak zona nyaman, zona nyaman melulu," ucapnya.

Mendengar pidato Mega, ribuan kader pun bersorak. Namun begitu, Megawati menambahkan bahwa sistem politik Indonesia tak mengenal istilah oposisi, yang benar yakni berada di luar pemerintahan.Ia lebih lanjut menilai check and balances atau kekuatan penyeimbang penting dalam negara demokrasi. Meski di sisi lain, Megawati menilai berpolitik tetap memerlukan kekuasaan. Hanya saja, kata dia, yang membedakan adalah cara mendapatkannya.


"Hanya bedanya apa toh, yaitu strategi dan cara untuk mendapatkan kekuasaan lah yang membedakan kita dengan yang lainnya," kata Mega

Sementara itu, terkait sikap PDIP ke depan, Megawati mengaku masih akan mendengarkan suara dan masukan dari para kader. Dia menyebut sikap PDIP pada pemerintahan mendatang akan menjadi prioritas dalam gelaran Rakernas V kali ini

Sindir biaya pendidikan dimahalkan
Megawati mengkritisi mahalnya biaya pendidikan saat masih ramai masalah kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di perguruan tinggi negeri (PTN). Ia mengaku pusing membaca berita terkait mahalnya biaya pendidikan. Ia heran apakah pemerintah tak memperhitungkan itu?

"Urusan pendidikan sekarang saya saja melihat koran pusing," katanya.

Menurut Megawati, seharusnya biaya pendidikan untuk masyarakat tak mampu bisa ditanggung oleh pemerintah. Padahal, anak-anak itu merupakan masa depan Indonesia sekaligus regenerasi pemerintah saat ini.

"Kenapa sih enggak ada apa hitungan bahwa kalau untuk anak-anak tak punya, negara itu harus membiayai. Kenapa sih kok kayak enggak ada, semuanya dimahalkan," ucapnya

Pamer eks panglima TNI jadi kader
Dalam pidatonya, Megawati sempat memamerkan mantan Panglima TNI Andika Perkasa sudah punya kartu tanda anggota (KTA) PDIP.

"Eh pak Andika ini dia nya kesengsem PDIP loh, sekarang dia KTA-nya PDIP loh," kata Megawati yang disambut teriakan kader, Jumat (24/5).

Megawati pun meminta Andika agar menjadi partai yang loyal dan tidak menjadi 'mbalelo' alias pemberontak.

"Asal jangan mbalelo aja kapan-kapan ya," pesan Mega ke Andika.

Mengaku jadi provokator demi keadilan
Megawati menyatakan partainya tak akan mundur meski pada Pemilu atau Pilpres 2024 partai berlambang banteng itu menjadi partai yang dirugikan. Menurut dia, PDIP adalah partai yang tahan banting.

Dia pun menyerukan kepada semua kader untuk tetap berani dan maju di tengah berbagai intimidasi dan kecurangan pemilu 2024. Megawati kemudian tidak takut dijuluki provokator atas pernyataannya tersebut.

"Enggak apa, tadi kan ada banteng penuh panah. Ya saya bilang nggak apa-apa kok. Kita tahan banting kok. Berani apa tidak? Takut apa tidak? Berani apa tidak? Takut apa tidak? Berani apa tidak? Takut apa tidak?" Teriak Megawati diiringi pekik ribuan kader.

"Nanti katanya saya Bu Mega provokator. Ya saya sekarang provokator. Demi kebenaran dan keadilan. Ngerti kan yang dimaksud?" Imbuhnya.

Sebut Ganjar-Mahfud belum dipensiunkan
Megawati juga mengungkapkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD belum 'dipensiunkan' usai Pilpres 2024.

Mulanya, Megawati berseloroh dirinya lupa menyebut nama Ganjar-Mahfud dalam pidato sambutan. Para kader yang hadir pun lantas meneriakkan nama Ganjar.

"Ah iya lupa banget. Iya lah, saya juga tahu. Sengaja disembunyikan. Enggak enggak, (Ganjar-Mahfud) belum dipensiunkan. Terus berjuang," kata Megawati.

Kendati, ia tak menjelaskan lebih lanjut terkait makna kata 'belum dipensiunkan'. Megawati lantas menyambut Ganjar-Mahfud.

"Puji syukur kita panjatkan pada terutama Pak Ganjar, Pak Mahfud. Bahwa masih tetap kuat," ucap Megawati

×
Berita Terbaru Update