Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Dandim Kulon Progo Penanaman Pohon Hari Air Dunia Ke-32 Tahun 2024

Jumat, 08 Maret 2024 | Maret 08, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-07T23:03:30Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?


 KULON PROGO jurnalisme.online

Dandim 0731/Kulon Progo Letkol Arh Viki Herwandi, S.Sos., bersama Unsur Forkopimda dan Pejabat OPD terkait, penanaman pohon dalam rangka Hari Air Dunia ke-32 tahun 2024 di Lingkungan BBWSSO di Area Kolam Retensi DAS Serang YIA Keboan, Karangwuni, Wates, Selasa (05/03/2024).


Kabid Operasi dan Pemeliharaan BBWSSO Bapak Antiyarsa Ikana Dani, S.T., M.Eng., menyampaikan, tujuan Peringatan Hari Air Dunia adalah untuk mengingatkan pentingnya penghijauan dan ruang terbuka hijau di daerah sumber daya air yang akan memberikan kualitas dan kuantitas air bagi masyarakat.  Di Kolam Retensi YIA akan ditanam 150 pohon terdiri Alpukat, Kelapa Kopyor, Mangga, Nangka dan lainnya.


Dandim 0731/Kulon Progo Letkol Arh Viki Herwandi, S.Sos., menyampaikan, atas nama Forkopimda Kulon Progo, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kita sadari pentingnya air dan pohon bagi kehidupan. Ini harus menjadi perhatian kita bersama karena merupakan kebutuhan paling pokok.  Terima kasih atas inisiasi kegiatan ini dan semoga bisa ditindaklanjuti di wilayah Kulon Progo yang lain.


Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak Dr. Gatut Bayuaji, S.Si., M.T., mengatakan Kolam Retensi DAS Serang YIA merupakan salah satu pengendali banjir Bandara YIA. Bandara YIA diapit dua sungai besar yakni Bogowonto dan Serang sehingga perlu kita buatkan proteksi pengendali banjir. Sungai Serang kita proteksi dengan pembangunan Kolam Retensi, sedangkan sungai Bogowonto kita proteksi dengan pembangunan Jetty Pemecah Ombak.


Tema “Hari Air Dunia”, tahun ini adalah "Air Untuk Perdamaian", memaknai hal tersebut terdapat kegiatan untuk membagi semangat kemanfaatan air untuk perdamaian.  Kita sudah lakukan beberapa kegiatan diantaranya seminar dan seremonial penanaman pohon. Pohon dan air merupakan hal penting dalam menjaga lingkungan. Saat ini sering kita lihat beberapa kejadian akibat dampak perubahan iklim, maka dengan penamanam pohon, potensi bencana bisa kita tekan.


Acara dilanjutkan dengan foto bersama dan simbolis penanaman pohon oleh seluruh pejabat yang hadir.


Hadir dalam kegiatan tersebut  Dandim 0731/Kulon Progo, Wakapolres, Kepala BBWSSO, Kepala Badan Pertanahan Kulon Progo, Kepala Dinas PU ESDM DIY, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY, Kepala Balai Prasarana Permukiman, Kepala Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi, Kepala Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah V, Kepala Balai Teknik Sabo, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Wilayah Jawa, Forkopimkap Temon dan Wates serta tamu undangan lainnya.


Pewarta: EKO

×
Berita Terbaru Update