Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Polres Aceh Selatan Gelar Apel Polisi RW/Dusun Serentak seluruh Jajaran Polda Aceh

Kamis, 12 Oktober 2023 | Oktober 12, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-12T03:32:23Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?

 

Tapaktuan - Jurnalisme online | Polres Aceh Selatan Polda Aceh menggelar apel polisi RW/Dusun serentak  seluruh jajaran Polda Aceh di Lapangan Alun alun Depan Kantor Bupati Aceh Selatan yang berlangsung hari Kamis 12 Oktober 2023.


Apel ini diselenggarakan  dengan tujuan untuk memperkuat sinergi antara aparat keamanan  baik TNI,Polri maupun dengan Masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat  terlebih menjelang Penyelenggaraan Pemilu serentak 2024.


Kegiatan apel tersebut dipimpin oleh  Kapolres Aceh Selatan AKBP Nova Suryandaru SIK yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Iswar S.H. Apel ini dihadiri oleh sejumlah PJU dan Kapolsek Jajaran Polres Aceh Selatan, dengan peserta apel di ikuti  oleh 1 Peleton Babinsa Kodim 0107/Asel, 1 Peleton Polisi RW/Dusun dan 1 Peleton Bhabinkamtibmas  Polres Aceh Selatan.


Dalam membacakan Amanat Kapolres Aceh Selatan,Wakapolres menyampaikan

Polisi RW merupakan program Kabaharkam Polri sebagai wujud pembinaan masyarakat (Binmas) prediktif yang merupakan bentuk integralitas semua fungsi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) dalam mengemban tugas sebagai pengemban Polmas dalam komunitas RW/ Dusun.


“Polisi RW/Dusun adalah anggota Polri yang merupakan pembina dalam hal menjaga kamtibmas di wilayah binaan kamtibmasnya diluar personel Bhabinkamtibmas, dan sekali dalam sepekan wajib mendatangi Ketua RW/Dusun ataupun tokoh masyarakat untuk mendengarkan, mencatat, menganalisa, serta menyelesaikan permasalahan yang ada,” Ucap Kompol Iswar


Selain itu, dibentuknya Polisi RW tersebut untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas sebelum, dan pada saat, maupun setelah pelaksanaan Pemilu tahun 2024 dengan melaksanakan kegiatan deteksi dini yang merupakan tindakan preemtif kepolisian dalam mencegah gangguan Kamtibmas di mana keberhasilan dari Program Polisi  RW tersebut bisa tercapai dengan adanya dukungan berbagai pihak.


Kepada anggotanya yang sudah ditunjuk sebagai polisi RW/Dusun, Wakapolres

berharap agar momentum tersebut digunakan dengan sebaik-baiknya untuk selalu berkomunikasi, Koordinasi dan berkolaborasi dengan Babinsa maupun Bhabinkamtibmas serta bertegur sapa dengan masyarakat, sehingga Polri bisa lebih dekat dengan masyarakat.


Sebelum mengakhiri amanatnya, Wakapolres memberikan penekanan kepada seluruh peserta apel yang menjadi Polisi RW/ Dusun di antaranya: membangun interaksi dan komunikasi yang konsisten dengan masyarakat; mendengarkan, menerima, empati terhadap keluh kesah keresahan, keinginan, harapan dan permasalahan masyarakat; melaksanakan identifikasi dan pemetaan terhadap kerawanan wilayah di tempat tugas masing-masing; menerima prinsip Pemolisian masyarakat dengan mengajak semua elemen masyarakat sebagai mitra dalam pengelolaan kamtibmas; menjadi problem solver untuk mencari solusi terhadap persoalan yang ada di masyarakat.**( Yd)

×
Berita Terbaru Update