Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

PJ bupati meurah tinjau pelaksanaan ANBK di Aceh Tamiang

Sabtu, 28 Oktober 2023 | Oktober 28, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-28T07:18:11Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?

 

Aceh Tamiang – Jurnalisme online| Penjabat Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH, meninjau pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat Sekolah Dasar di SD Negeri Sei Liput, Kejuruan Muda, Selasa (24/10/23).


Tiba di lokasi, Pj. Bupati Meurah yang didampingi Plh. Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan, Sepriyanto yang diterima pihak sekolah kemudian langsung memasuki kelas yang menjadi ruang pelaksanaan asesmen nasional tersebut.


Disebutkan Pj. Bupati Meurah, dirinya sangat mendukung pelaksanaan asesmen nasional tersebut. Hal ini, katanya, untuk mengetahui kesetaraan mutu pada tiap satuan pendidikan yang ada.


“Pemkab sangat mendukung pelaksanaan asesmen nasional di tiap jenjang pendidikan. Kami kira ini penting supaya kita mengetahui kesetaraan mutu pendidikan setiap satuan pendidikan yang ada di Aceh Tamiang,” terangnya.


Dalam kesempatan tersebut, selain Pj. Bupati Meurah juga meninjau pelaksanaan belajar mengajar serta berbincang dengan para guru dan tenaga kependidikan yang ada.


Dilansir dari pelbagai sumber, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) sebagai pengganti ujian nasional. Program evaluasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.


Sebagai bentuk evaluasi, ANBK dilaksanakan melalui tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. AKM digunakan untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) para siswa.


Sementara Survei Karakter digunakan untuk mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa. Adapun Survei Lingkungan Belajar untuk mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.


Tampak menyertai kunjungan Pj. Bupati, Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesra, Muslizar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Catur Haryati, Kabag Prokopim, Azwanil Fakhri, dan jajaran Dinas Pendidikan & Kebudayaan Aceh Tamiang.**(yd)

×
Berita Terbaru Update