Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Menakar Kekuatan Ganjar-Mahfud MD Setelah Yenny Wahid Labuhkan Dukungan

Sabtu, 28 Oktober 2023 | Oktober 28, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-28T04:00:11Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?


 Jakarta,Jurnalisme.online - Putri Presiden ke-4 RI, Yenny Wahid, memutuskan untuk melabuhkan dukungan kepada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. Yenny Wahid diketahui sebagai salah satu tokoh yang berpengaruh di Jawa Timur (Jatim). Lantas bagaimana dampak dukungan Yenny Wahid terhadap Ganjar-Mahfud?

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno mengatakan Yenny Wahid memang sudah memberi sinyal sejak awal untuk bergabung dengan Ganjar-Mahfud.

"Beberapa waktu yang lalu kita semua pernah membaca dan pernah mendengar statement Yenny Wahid yang menyatakan siap menemani Ganjar Pranowo road show dan keliling di Jatim dan Kiai Kiai NU, itu menjadi satu sinyal bahwa sejak awal sebenarnya Yenny lebih condong untuk memberi dukungan politiknya ke Ganjar Pranowo," kata Adi saat dihubungi, Jumat (27/10/2023).

Adi tidak menepis bahwa Yenny Wahid juga belakangan terlihat didekati oleh Prabowo Subianto. Namun demikian, Adi menyebut faktor kedekatan Mahfud Md dan Gus Dur, ayah Yenny Wahid, yang akhirnya menutup kemungkinannya merapat ke Prabowo.

"Bagi saya ini sesuatu yang memang spesial mengingat Mahfud itu adalah salah satu loyalis Gus Dur sejak lama, karena Mahfud apapun judulnya dinilai cukup dekat, cukup identik ya dengan Gus Dur ketika Gus Dur jadi persiden saat itu, bahkan Pak Mahfud Md kan dipercaya sebagai menteri Gus Dur di era kepemimpinannya," jelasnya.

"Karena itu tidak mengherankan kalau hari ini kita mendengar pernyataan Yenny Wahid mendukung secara terbuka kepada Mahfud untuk berdampingan dengan Ganjar maju Pilpres," lanjut dia.

Lantas apa dampak dukungan Yenny Wahid? Adi menyebut ini tentunya akan menambah suntikan moral kepada barisan Ganjar-Mahfud. Dia menegaskan Yenny Wahid merupakan tokoh yang penting di Jawa Timur.

"Mahfud Md dan Pak Ganjar Pranowo tentunya mendapatkan insentif dan suntikan moral politik, terutama di basis-basis NU dan di Jawa Timur secara spesifik, tentu dalam logika pilpres secara langsung, dukungan yang diberikan oleh tokoh kunci, tokoh penting seperti Yenny ini, yang merupakan putri dari Gus Dur, tentu signifikan menjadi modal dan bekal menghadapi Pilpres 2024," ujarnya.


Tak cuma itu, Adi menyebut Mahfud Md sendiri juga merupakan tokoh dari Madura dan Jawa Timur. Karena itulah, dukungan Yenny Wahid, menurutnya akan semakin mempertebal dukungan masyarakat Jawa Timur ke Ganjar-Mahfud.

"Kita nggak pernah tahu gimana peta persaingan ke depan jelang 2024 pencoblosan di KPU, tapi kalau lihat survei hari ini, sejak 2 tahun lalu bahkan Ganjar unggul di Jatim dibandingkan nama-nama lain, ditambah sosok Mahfud yang sosok asli Madura, Jawa Timur, didukung Yenny Wahid dan barikade Gus Dur, ya saya kira potensi untuk menebalkan dibanding yang lain cukup terbuka," tuturnya. 

Yenny Wahid Dukung Ganjar-Mahfud
Sebelumnya diberitakan, Yenny Wahid sebelumnya memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. Deklarasi itu dinyatakan Yenny di depan perwakilan partai pengusung Ganjar-Mahfud.

Yenny Wahid menyatakan resmi mendukung Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (27/10). Yenny sempat berbincang bersama petinggi partai pendukung Ganjar-Mahfud.

"Kami Barisan Kader Gus Dur mendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md," kata Yenny Wahid.

Yenny mengatakan tak mudah menentukan pilihan untuk mendukung Ganjar-Mahfud Md. Kedekatan Mahfud dengan Gus Dur menjadi salah satu faktor Yenny melabuhkan dukungan terhadap Ganjar-Mahfud.

"Prof Mahfud Md adalah orang yang selama ini dekat dengan kami, beliau ini dan juga kader Gus Dur, kedekatan ini sudah berlangsung lama kedekatan yang terjalin sejak Gus Dur masih ada," ujar Yenny.

Sumber: detik.com









×
Berita Terbaru Update