Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Akp Ani Widayati SH, Menghadiri Undangan Rapat Camat Pebayuran Akibat Kekeringan Pada Sawah Petani

Rabu, 13 September 2023 | September 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-13T08:52:41Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?


 

Jurnalisme.online - Kabupaten Bekasi. 


Kapolsek Pebayuran Polres Metro Bekasi Akp Ani Widayati SH hadiri Rapat masalah kekurangan air pada petani diwilayahnya, Rabu, 13 September 2023, jam 09.00 

bertempat di ruang rapat Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi. 


Camat Pebayuran Hasyim Adnan Adha.S.stp, M.Si mengundang beberapa Dinas teknis terkait pendistribusian air persawahan yang ada di wilayah kecamatan Pebayuran kabupaten Bekasi melalui kali sekunder Bangunan Kedung Gedeh. 


Tampak hadir dalam rapat pembahasan kekeringan atau kekurangan pasokan air di wilayah Pebayuran antara lain :

1. Dinas Sumber Daya Air, Bima Marga dan Bima Konstruksi Kab Bekasi

2. Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi

3. BBWS Citarum

4. PJT II seksi Lemahabang

5. Sektor 20 Citarum harum

6. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi

7. Camat Pagedangan

8. Kapolsek Pebayuran

9. Danramil 11 Pebayuran

10. BPP Kec. Pebayuran

11. Desa Dan BPD se kecamatan Pebayuran

12. FPRB kecamatan Pebayuran 



Rapat tersebut di adakan sebagai tindak lanjut dari penanggulangan bencana kekeringan yg melanda Kabupaten Bekasi mengingat warga masyarakat petani di beberapa desa khususnya Desa Karang harja, saat ini wilayahnya tidak mendapatkan suplay air persawahan yang akan mengancam merusak dan gagal tanam areal persawahan seluas kurang lebih 320 Ha.



Kekeringan yang melanda saat mengakibatkan dampak buruk pada petani disetiap wilayah dan salah satu bencana yang ditandai dengan keadaan kurangnya persediaan air pada suatu wilayah dalam jangka waktu berkepanjangan (berbulan-bulan atau bertahun-tahun.


Ani Widayati SH dan Pemerintah kecamatan, koramil Pebayuran berusaha mengatasi  kekurangan pasokan air dalam waktu yang lama akan memberikan dampak buruk bagi kehidupan, pertanian, kegiatan ekonomi dan lingkungan khususnya wilayah hukum Polsek Pebayuran. 


Kekeringa terjadi pada musim kemarau, curah hujan sangat rendah, sehingga persediaan air terbatas. Terbatasnya persediaan air disebabkan keringnya sumber air seperti sumur, sungai, irigasi dan aliran air lainnya.



Kapolsek Pebayuran mengatakan Penanganan kekeringan di Pebayuran membutuhkan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat, hal tersebut sangat penting dalam mengatasi dampak dari kekeringan saat musim kemarau. 


Dengan melakukan rehabilitasi atau merawat jaringan irigasi yang potensial secara konservasi lahan dan air, melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menghemat penggunaan air,"  Terang Akp Ani Widayati.




Wowo / S.Roos.

×
Berita Terbaru Update