Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Babinsa Koramil 03/Seruway Bantu Petani Bersihkan Gulma Tanaman Padi

Selasa, 01 Agustus 2023 | Agustus 01, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-01T03:46:14Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?

Aceh Tamiang - Jurnalisme. Online | Dalam rangka mendukung ketahan Pangan Nasional Babinsa Koramil 03/Seruway Sertu Jefri hartoni membantu petani membersihkan gulma (rumput liar) di lahan milik bapak Karmidi salah satu Poktan Surya Tani, luas lahan 9 Rante di Desa Paya Udang, Kecamatan Seruway, kabupaten Aceh Tamiang. Selasa (01/08/2023).

Sertu Jefri hartoni menjelaskan “gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah. Persaingan gulma dengan padi dalam stadia pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen”, jelas Babinsa

Lebih Lanjut , gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya. Di samping itu ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga kalau kita membiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan, jelas kerugian akan kita dapatkan termasuk kerugian akibat peledakan hama dan penyakit.

Pengendalian gulma padi sawah, umumnya sudah dilakukan oleh para Babinsa dan petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) ataupun cara kimiawi dengan penggunaan herbisida” agar tanaman padi akan tumbuh subur dan diharapkan hasil panen maksimal” tandasnya.**(yd) 

Sumber : Pendim 0117/Atam
×
Berita Terbaru Update