Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Kemendikbudristek Ungkapkan Masih Banyak Masyarakat Indonesia yang Tak Mampu Menyelesaikan Pendidikan Dasar

Rabu, 05 Juli 2023 | Juli 05, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-05T02:24:42Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?

Jurnalisme.Online

-Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atau Kemendikbudristek mengungkapkan masih banyak masyarakat di Indonesia yang tidak mampu menyelesaikan pendidikan dasar.

Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, satu di antaranya masalah biaya.
Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti mengatakan alasan terbesar masyarakat tidak menyelesaikan pendidikan dasar karena keterbatasan biaya untuk bersekolah.

"Meskipun pemerintah sudah memberikan banyak subsidi beasiswa," kata Suharti dalam konferensi pers di Inclusive Lifelong Learning Conference (ILLC), Bali, Selasa (4/7/2023).

Ia mengatakan pemerintah telah memberikan beasiswa kepada 20 juta siswa untuk pendidikan dasar mulai dari SD sampai SMA.
Selain itu, lebih dari 1 juta orang telah menerima beasiswa untuk tingkat universitas.
Namun menurutnya bantuan beasiswa ini masih belum cukup untuk memberikan akses pendidikan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Maka dari itu, Kemendikbud juga menyelenggarakan program kesetaraan seperti pendidikan nonformal dari Paket A setara dengan SD, paket B setara dengan SMP dan paket C setara dengan SMA.
Bukan cuma program kesetaraan, Kemendikbud juga memiliki lembaga pelatihan keterampilan yang bekerjasama dengan dunia industri untuk meningkatkan keterampilan bagu mereka yang putus sekolah dan yang ingin mencari pekerjaan di sektor formal.

Kemendikbudristek juga memberikan program pelatihan khusus kewirausahaan. Pihaknya bahkan memberikan permodalan senilai Rp 6 -7 juta sebagai modal awal mereka memulai bisnis.

"Bahkan bisa sampai Rp 15 juta untuk setiap peserta. Ditargetkan khusus untuk anak sekolah, selain itu ini tanggung jawab kementerian lain seperti kemnaker, kementan, dan ibu Denni yang bertanggung jawab atas bantuan sekolah tersebut," papar Suharti.

"Kita perlu memberikan dukungan kepada mereka, dalam rangka memastikan bahwa produktivitas mereka dapat bertahan atau bahkan ditingkatkan. Hal itu juga berpengaruh pada peningkatan penghasilan mereka Tambahnya.

Dengan adanya program ini, Suharti berharap dapat menumbuhkan kesadaran akan pendidikan serta meningkatkan produktifitas masyrakat.

×
Berita Terbaru Update