Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Hasil Survei Bacapres yang Dirilis Poligov Menyatakan Prabowo Masih Unggul

Jumat, 07 Juli 2023 | Juli 07, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-07T01:43:32Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?

 

Jurnalisme. Online

Survei pencapresan yang dirilis Poligov menyatakan, dalam simulasi head to head Prabowo-Ganjar, elektabilitas Prabowo bulan Juni 2023 masih unggul dan Ganjar mengejar.

Survei Bacapres 2024

Berikut sejumlah hasil survei yang dirilis dalam sepekan terakhir.

1. Poligov: Prabowo Unggul, Disusul Ganjar 

Poligov merilis hasil survei simulasi head to head Prabowo-Ganjar pada bulan Juni 2023.

Dalam survei tersebut, Prabowo masih unggul, sedangkan Ganjar menyusul.

Sementara itu, Anies Baswedan tertinggal dari Prabowo dan Ganjar.

"Dalam simulasi 10 nama, elektabilitas Ganjar memang masih teratas, diikuti Prabowo, dan Anies. Namun, dalam head to head Prabowo vs Ganjar, Prabowo mampu unggul dari Ganjar, yakni 42,40 persen dan 34,88 persen."

"Yang menjadi catatan penting, meski Prabowo unggul dari Ganjar, tapi jaraknya mengecil. Dari 11,9 persen di bulan Mei, menjadi 7,5 persen di akhir Juni," kata Direktur Eksekutif Poligov Muhammad Tri Andika dalam rilis yang diterima Tribunnews.com, Rabu (5/7/2023).

Ia menjelaskan, peningkatan elektabilitas Ganjar akibat efek bulan Bung Karno pada Juni, kemaren.

Sementara Prabowo meski elektabilitasnya meningkat, namun tidak sebesar Ganjar.

"Prabowo harus menjaga momentum agar tidak tersalip oleh Ganjar. Sementara Ganjar perlu menciptakan momen momen baru."

"Di sisi lain, elektabilitas Anies Baswedan cenderung turun di semua simulasi. Ada sejumlah faktor, salah satunya disebabkan masih kuatnya nuansa ketidkpastian pencalonan Anies akibat manuver PDIP yang berupaya menggoda Partai Demokrat dan PKS," jelas Tri Andika. 

Diketahui, Poligov melakukan survei terhadap 1.250 responden laki-laki maupun perempuan, dengan rentang usia 17 tahun atau lebih.

Survei Poligov melibatkan 37 koordinator lapangan terlatih dengan pertanyaan dikirim secara online melalui aplikasi Qualtrics Research untuk memastikan tidak ada IP address yang sama sebagai responden, pada kurun waktu 21-28 Juni 2023.

Margin of error sekitar ±3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

2. Lembaga Survei Jakarta (LSJ): Prabowo Lebih Unggul dari Ganjar dan Anies

Prabowo Subianto masih menduduki posisi teratas, unggul dari nama Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Dalam survei dari Lembaga Survei Jakarta (LSJ) terbaru yang dirilis Senin (3/7/2023), Prabowo unggul 40,3 persen dari Ganjar dan Anies. 

Hal itu, disampaikan Direktur Eksekutif LSJ,Fetra Ardianto.

“Prabowo unggul sangat signifikan 40,3 persen dari dua pesaing utamanya yakni Ganjar Pranowo yang hanya dipilih oleh 32,6 persen dan Anies Baswedan 20,7 persen,” katanya.

Sementara sebanyak 6,4 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab pertanyaan yang diajukan oleh LSJ berkaitan dengan “Seandainya Pilpres dilakukan hari ini dan hanya diikuti oleh Prabowo, Ganjar dan Anies, siapakah yang akan anda pilih?”

“Data ini semakin menegaskan bahwa keunggulan Prabowo Subianto atas para kompetitornya adalah suatu realitas mengingat dalam format pertanyaan apapun (terbuka/tertutup) Prabowo selalu leading atas lawan-lawannya,” jelas Fetra.

Diketahui, Survei LSJ dilakukan pada periode 20-29 Juni 2023 di 34 Provinsi dengan sampel 1200 responden.

Margin of error survei ini kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen melalui metode teknik wawancara melalui telepon dengan bantuan kuisioner.

3. Survei Populi Center: Elektabilitas Ganjar Pranowo Tertinggi

Hasil Survei Populi Center menunjukkan, bahwa nama Ganjar Pranowo menjadi paling banyak dipilih jika Pemilihan Presiden (Pilpres) diadakan hari ini.

al itu, diketahui dalam survei nasional yang digelar Populi Center pada 5-12 Juni 2023.

Berdasarkan survei tersebut, nama Ganjar banyak dipilih masyarakat sebagai presiden.

"Pada pertanyaan terbuka, Ganjar Pranowo menjadi tokoh yang paling banyak dipilih oleh masyarakat sebagai Presiden, apabila pemilihan presiden dilakukan hari ini dengan 21,9 persen," kata Peneliti Populi Center, Hartanto Rosojati dalam rilis surveinya, Senin (26/6/2023)

Disusul nama Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, yang berada di angka 19,3 persen.

Lantas, posisi berikutnya diisi bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan, dengan angka 14,4 persen.

Diikuti sejumlah tokoh lainnya.

Diketahui, survei yang dilakan terhadap 1.200 responden ini dilakukan dengan wawancara tatap muka melalui Aplikasi Populi Center, yang juga merupakan anggota dari Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi).

Sementara itu, Margin of error pada survei ini ± 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber: Tribunnews.com

×
Berita Terbaru Update