Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

FKBN Kota Bekasi Bersama SMK Merah Putih Pondok Melati Lestarikan Degung Jawa Barat.

Minggu, 09 Juli 2023 | Juli 09, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-09T07:44:11Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?


 

Jurnalisme.online - Kota Bekasi



Wujud peduli Forum Kader Bela Negara Kota Bekasi dan SMK merah putih pondok melati kota pada alat musik Jawa Barat terbukti dan teruji dengan menghadirkan pelatih Degung Bapak Heriyadi dari Bogor. 



Ketua FKBN Kota bekasi Harie R.Bahari mengatakan ini bagian dari kegiatan FKBN Kota Bekasi dalam mengimplementasikan nilai pertama bela negara yaitu cinta tanah air yang merupakan budaya NUSANTARA, warisan  kebanggaan Indonesia yang harus kita lestarikan", Jelasnya secara singkat. 



Alat musik degung dengan cara membunyikan alatnya dengan dipukul dengan irama hati dan perasaan menghasilkan suara yang indah dan lembut. 




Degung sangat digemari oleh para pejabat pada dijawa barat mengutip dari bupati Bandung R.A.A. Wiranatakusuma adalah salah seorang pejabat yang sangat menggemari Degung, bahkan beliaulah yang sempat mendokementasikan beberapa lagu Degung kedalam bentuk rekaman suara.



Degung mempunyai makna TERSENDIRI yang menyebutkan Degung berasal dari kata “Deg ngadeg ka nu Agung” yang mengandung pengertian kita harus senantiasa menghadap (beribadah) kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam bahasa Sunda banyak terdapat kata-kata yang berakhiran gung yang artinya menunjukan tempat/kedudukan yang tinggi dan terhormat misalnya : Panggung, Agung, Tumenggung, dan sebagainya. 





Sehingga Degung memberikan gambaran kepada orang Sunda sebagai sesuatu yang agung dan terhormat yang digemari oleh Pangagung.





HR / YB.






×
Berita Terbaru Update