Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Sejumlah Perusahaan di Aceh Tamiang Dicurigai tak Setorkan Iuran Pekerja ke BPJS, Tahu Saat Berobat

Selasa, 27 Juni 2023 | Juni 27, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-27T09:25:20Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?

 


-Aceh Tamiang– jurnalisme online- Sejumlah perusahaan di  Aceh Tamiang dicurigai tidak menyetorkan iuran  kesehatan pekerja ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS) Kesehatan. 

Pemerintah diminta serius menanggapi persoalan ini dengan meningkatkan fungsi Dewan Pengawas.

Indikasi setoran bodong oleh sejumlah perusahaan ini terungkap ketika anggota  DPRA  Asrizal H Asnawi melakukan reses di  Aceh Tamiang, pekan lalu.

Ketika itu sekelompok pekerja yang tergabung dalam Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan (SPPP)  Aceh Tamiang menyampaikan beberapa perusahaan pabrik kelapa sawit tidak menyetorkan iuran  BPJS pekerja.

“Ada indikasi beberapa perusahaan tidak menyetorkan iuran ke  BPJS, padahal setiap bulan gaji pekerja sudah dipotong untuk kepentingan  BPJS,” kata Asrizal, Minggu (25/6/2023).

Pekerja mengetahui tunggakan ini saat  mereka tidak mendapat pelayanan dari tempat fasilitas pelayanan  kesehatan, seperti rumah sakit dan puskesmas.

Umumnya perusahaan yang tidak menyalurkan setoran pekerja ini bergerak di bidang perusahaan kelapa sawit. 

Ini kan miris, ketika pekerja datang ke tempat fasilitas pelayanan  kesehatan, tidak dilayani karena dinyatakan  BPJS mereka menunggak. Padahal selama ini mereka lancar membayar melalui perusahaan,” terang Asrizal.

Azrizal menilai persoalan ini sangat serius dan harus ditangani lebih lanjut.

Perusahaan dinilainya telah mengabaikan keselamatan pekerja yang memiliki resiko tinggi.

Padahal sesuai aturan, perusahaan yang menunggak kewajiban membayar iuran kepada  BPJS bisa dijerat pidana penjara delapan tahun atau denda Rp 1 miliar

Menurutnya pengawasan ini akibat sistem kerja Dewan Pengawas hanya menunggu laporan.

“Dulu Dewan Pengawasan ini sekarang hanya ada di provinsi. Kami menyarankan sebaiknya dibuka lagi di setiap kabupaten, jadi kesannya tidak hanya menunggu laporan. Tapi betul-betul mengawasi,” kata Azrizal. **(Yd)

×
Berita Terbaru Update