Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Koin Perkebunan Bersejarah Hilang, Sejarawan Medan Minta UPT Museum Negeri Sumut Jelaskan ke Publik

Jumat, 09 Juni 2023 | Juni 09, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-09T02:29:17Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?

 

Jurnalisme.online - Sejarawan Medan, Dr. Phil. Ichwan Azhari menyayangan terkait dugaan hilangnya koleksi koin uang perkebunan yang sangat langka dari Gedung Museum Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Sangat disayangkan, itu berkaitan sejarah moneter, sejarah sosial dan sejarah perkebunan khas Sumut yang tidak ada duanya di Indonesia,” ujar Ichwan kepada Kantor Berita Politik RMOLSumut melalui pesan Whatsapp pribadinya, Jum’at (9/6) pagi.

Menurut Ketua Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan itu, uang kebon perkebunan Sumut itu sangat dihargai tinggi nilainya dikalangan numismatik internasional.

Museum Negeri Sumut, lanjutnya, harus dilengkapi dengan CCTV di berbagai koleksi pentingnya, sehingga bisa terdeteksi saat ada kehilangan.

“Uang Kebon termasuk koleksi yg mudah dicuri dan mudah dijual dipasaran,” tutur Ketua Asosiasi Museum Indonesia Sumatra Utara itu.

Ichwan juga meminta kepada pihak UPT Museum Negeri Provinsi Sumut agar menjelaskan kepada publik terkait dugaan hilangnya koin bersejarah tersebut.

“Perlu dijelaskan ke publik apa saja jenis uang kebon yang hilang, agar diketahui nilai kerugiannya, karena ada ratusan jenis uang kebon,” pungkasnya.

Sumber : Rmolsumut

×
Berita Terbaru Update