Notification

×

Iklan

 


Iklan

 


Tag Terpopuler

Ada 5 Menu Makanan khas Idul Adha yang Wajib di Santap Bareng Keluarga

Kamis, 22 Juni 2023 | Juni 22, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-22T07:17:52Z


BUTUH BANTUAN HUKUM?



 Jurnalisme.online – 

Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban, kemudian daging kurban diolah menjadi hidangan lezat dengan bumbu-bumbu yang menggoda.
Ada banyak ide hidangan Idul Adha yang bisa Anda buat saat menerima daging kurban. Jangan sampai bingung atau membuat hidangan yang sama berulang kali.

Jika Anda bosan dengan menu daging yang itu-itu saja, ada banyak ide menu Idul Adha yang bisa Anda coba.

Perayaan Idul Adha atau Lebaran Haji, merupakan puncak dari ibadah haji bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia.

Perayaan yang berlangsung setiap tanggal 10 di bulan Dzulhijjah ini biasanya identik dengan penyembelihan hewan ternak seperti sapi, kambing, dan domba.

Penyembelihan hewan kurban dilakukan setelah sholat Idul Fitri.

Berikut 5 Menu Hidangan khas Idul Adha

1. Rendang

Rendang sendiri merupakan hidangan daging dengan kenikmatan dan kelezatan yang tiada tara.
Makanan asal Sumatera Barat ini sebenarnya dikenal dengan cita rasa pedas yang kaya akan rempah-rempah dan menggunakan santan.

Bahkan, rendang sendiri pernah terpilih sebagai makanan terlezat di dunia. Makanan rendang bisa menggunakan olahan daging sapi atau daging kambing, dan bisa dimasak dalam bentuk rendang basah atau kering.

2. Sate

Lokasi selanjutnya dapat menyajikan makanan olahan yaitu sate. Sate sendiri merupakan hidangan olahan daging yang bisa ditemukan hampir di semua tempat, terutama di warung-warung kaki lima (PKL) di seluruh penjuru nusantara.

Sate merupakan hidangan yang sangat sederhana yang terdiri dari daging kurban yang dibumbui dengan rempah-rempah yang dibakar lalu disajikan dengan bumbu kacang dan kecap manis.

Sate ini dikenal mudah dibuat, namun cita rasa dagingnya tidak perlu diragukan lagi. Saat membuat sate ini, pastikan Anda memanggang dagingnya hingga matang untuk menghindari risiko toksoplasmosis.

3.Gulai
Olahan makanan berupa gulai bisa Anda sajikan di lokasi selanjutnya. Gulai adalah hidangan makanan olahan berbahan dasar daging yang diolah dengan kuah kari.

Hidangan ini dikenal menggunakan rempah-rempah sebagai bumbu untuk memberikan rasa gurih. Gulai sendiri banyak ditemukan di Sumatera dan Jawa dan menggunakan kuah kuning yang kental.


Olahan makanan keempat yang bisa Anda sajikan adalah berupa kambing oven. Jika Anda memiliki oven di rumah, Anda bisa mencoba resep khas Mesir ini. Anda tidak perlu khawatir karena kambing oven ini sangat mudah diolah.

Untuk membuatnya, daging kambing diolesi dengan bumbu hingga rata.

Daging yang sudah dibumbui kemudian dipanggang dengan suhu 200 derajat celcius hingga matang atau selama kurang lebih 45 menit. .Hidangan ini biasanya menggunakan daging paha kambing, karena bagian tersebut lebih empuk saat dimasak.

5. Sop Daging

Kemudian, di posisi kelima, Anda bisa menyajikan olahan makanan berupa sup daging. Jika Anda ingin menikmati olahan daging namun tidak bersantan, sup daging bisa menjadi pilihan yang tepat.


Sop daging adalah hidangan berkuah kaldu sapi direbus dengan irisan sayuran seperti kentang, wortel, buncis, kubis, tomat, daun bawang, dan seledri.

Menambahkan kaldu tulang atau tetelan dapat menambah cita rasa yang unik. Anda juga dapat menaburkan bawang goreng di atasnya saat menyajikannya.

Sumber:Tribun.com







×
Berita Terbaru Update